Komisi III DPR Bahas Calon Kapolri dengan PPATK, Sahroni: Komjen Listyo Sigit

Komisi III DPR menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK), Kamis (14/1/2021). RDP digelar untuk membahas berbagai hal antara lain soal calon Kapolri , Komjen Listyo Sigit Prabowo. Dalam rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III, Ahmad Sahroni, PPATK mengonfirmasi pada Komisi III terkait transaksi keuangan Komjen Listyo.

“Kami sudah mengadakan rapat untuk mendengar masukan dan pendapat dari PPATK terkait beberapa isu, salah satu di antaranya adalah terkait track record keuangan calon Kapolri tunggal Komjen Listyo. Hasilnya, transaksi keuangan beliau sangat wajar dan clear semuanya,” kata Sahroni usai RDP.

BACA JUGA

Jadi Calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit Mohon Doa

Sahroni juga menambahkan bahwa PPATK tidak pernah menemukan problem dalam transaksi yang pernah dilakukan oleh calon Kapolri, baik pribadi maupun yang bersifat kerja sama dengan pihak lain. “Ya dari PPATK memberikan lampu hijau. Semuanya wajar dan sesuai koridor. Tidak ada yang aneh-aneh,” ujar Sahroni.

Sahroni menambahkan bahwa terkait transaksi keuangan ini, Komisi III juga berkomitmen untuk bertindak tegas jika menemukan hal-hal yang mencurigakan. “Untuk urusan ini kita saklek , walaupun calon tunggal, tetapi kalau kata PPATK ada kejanggalan, kita bisa anulir. Tapi hasilnya semua wajar, sesuai koridor. Clear ,” tegas Sahroni.

Komisi III akan memulai tahapan fit and proper test mulai Senin (18/1/2021).

Berita terkait: