Kenali Manfaat Antasida Untuk Redakan Masalah Lambung, Serta Berbagai Merek Obatnya

Antasida merupakan salah satu jenis obat yang bisa membantu meredakan masalah asam lambung. Cara kerja dari antasida atau antacid ini adalah dengan menetralkan asam lambung.

Gangguan lambung ini biasa muncul akibat gaya hidup dan pola makan kurang sehat yang kita miliki. Pola makan berantakan serta pilihan makanan yang sembarangan bisa menyebabkan munculnya masalah lambung

Salah satu obat yang disarankan dan mudah diperoleh untuk meredakan masalah lambung ini adalah antasida. Secara umum, obat ini bahkan juga cukup aman bagi perut sehingga disarankan untuk diminum sebelum makan.

Antasida biasanya bisa hadir dalam berbagai bentuk untuk dikonsumsi. Obat ini bisa berupa tablet kunyah maupun juga cair.

Antasida dalam berbagai merek bisa sangat mudah ditemui dijual di apotek maupun toko kelontong. Hal ini menyebabkan obat ini sangat populer dan bisa diakses oleh siapa saja.

Terdapat berbagai pilihan merek antasida yang bisa sangat mudah diperoleh untuk meredakan masalah lambung yang kamu alami. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah merek antasida yang bisa mudah dibeli di pasaran beserta harganya.

Promag, Mylanta, Waisan, Gastran

waisan gastran

1. Promag

Promag merupakan salah satu merek antasida yang cukup dikenal masyarakat Indonesia. Kandungan antasida di dalamnya bisa membantu mengatasi beragam masalah seperti gastritis, tukak lambung, tukak usus 12 jari dengan gejala seperti mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung dan perasaan penuh pada lambung.

Antasida ini bisa ditemui dengan sangat mudah di apotek dan toko. Obat ini juga hadir dalam dua bentuk yaitu tablet dan cair.

Harga Promag: Rp8.000/strip (tablet), Rp13.000 (cair 60 mL).

2. Mylanta

Obat antasida lain yang juga hadir dalam bentuk tablet dan cair adalah Mylanta. Obat ini bisa membantu dalam meredakan gejala sakit maag, mual, dan perut kembung.

Mylanta memiliki kandungan aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simethicone di dalamnya. Antasida ini bisa menetralkan asam lambung hingga menghilangkan rasa sakit di lambung.

Harga Mylanta: Rp9.000/strip (tablet), Rp17.000 (cair 50 mL)

3. Waisan

Antasida dengan bentuk lain yaitu berupa serbuk dapat ditemui dengan merek Waisan. Obat ini memiliki kandungan koloid Al (OH) 3, Mg trisilikat, dan simetikon yang bisa membantu meredakan masalah asam lambung.

Harga Waisan: Rp7.000

4. Gastran

Gastran merupakan antasida yang memiliki kandungan Al hydroxide-Mg dan Simeticon. Obat ini mampu mengatasi masalah hiperasiditas (kondisi ketika lambung terlalu banyak mengeluarkan asam lambung), gastritis atau radang lambung, tukak peptik dan duodenum, mual, nyeri lambung, mulas, serta perut kembung.

Harga Gastran: Rp8.000

Antasida Doen, Polysilane, Camaag Mint, Konimag

polysilane camaag mint konimag

5. Antasida Doen

Antasida Doen merupakan antasida dalam bentuk tablet kunyah. Kandungan Alumunium Hydroxide dan Magnesium Hydroxide di dalam obat ini bisa membantu mengatasi maag dengan gejala nyeri ulu hati, sering bersendawa, dan perut kembung.

Harga Antasida Doen: Rp2.000 (tablet), Rp5.000 (cair)

6. Polysilane

Polysilane merupakan antasida dengan kandungan alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. Kandungan tersebut bisa bekerja aktif untuk menetralisir asam lambung. Terdapat pula kandungan simethicone atau dimethylpolysiloxane yang berfungsi untuk mengurai gas di dalam saluran pencernaan, sehingga dapat mengatasi perut kembung. Polysilane paling mudah ditemukan dalam bentuk obat cair.

Harga Polysilane: Rp30.000

7. Camaag Mint

Camaag Mint merupakan antasida yang mengandung bahan aktif magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, dan dimetikon. Obat ini hadir dalam bentuk cair dan memiliki dosis yang cukup kuat.

Harga Camaag Mint: Rp71.820

8. Konimag

Konimag merupakan antasida dengan kandungan aluminium hydroxide, magnesium hydroxide, dan simethicone. Kandungan tersebut membuat Konimag cocok untuk mangatasi masalah kelebihan asam lambung, tukak lambung (luka pada lambung), tukak pada usus 12 jari, seperti: mual, muntah, nyeri ulu hati, dan kembung.

Harga Konimag: Rp9.500

Baca juga:
Sering Dianggap Sama Ketahui Perbedaan GERD dengan Radang Usus Kronis
Waspada! Berbicara di Dalam Ruangan Bisa Lebih Menularkan COVID-19 Dibanding Batuk
Dapatkah Pneumonia yang Disebabkan oleh COVID-19 Sembuh?
Kenali Beda antara Inflammatory Bowel Disease dengan Inflammatory Bowel Syndrome

Berita terkait: