Kempora Akan Luncurkan Senam untuk Penyandang Disabilitas

Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kempora ) akan meluncurkan program senam untuk penyandang disabilitas.

Sebelumnya, Kempora telah menyelenggarakan program senam “Stay at Home” dan senam “Duduk dan Berdiri untuk Lansia di Rumah” (DUILAH). Namun, Kempora ingin memperkenalkan senam ke masyarakat luas. Harapannya, masyarakat dapat terdorong untuk berolahraga agar tetap sehat dan produktif di tengah pandemi.

Baca juga:  Lewat Lomba DUILAH, Menpora Terus Giatkan Senam Bersama

“Senam untuk masyarakat secara luas, termasuk untuk penyandang disabilitas. Tadi, kegiatan senam kita juga ada undang dari organisasi Unik Berkarya Indonesia (UBI). Ada bang Ucok Baba. Mereka mengikuti senam di sini. Kita ingin masyarakat terus bergerak di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Deputi Pembudayaan Olahraga Kempora Raden Isnanta di Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Senam ini, lanjut Isnanta, akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Tak hanya itu, Kempora juga tengah mempersiapkan program senam untuk anak-anak usia dini.

“Bagaimana nantinya itu bisa bergerak happy , yang penting bergerak. Jangan alasan pandemi, kita tidak bergerak. Nanti variasi senam akan dibuat,” jelas Isnanta.

Pihaknya akan meluncurkan video untuk mensosialisasikan pentingnya senam.

“Termasuk juga untuk anak-anak yang tidak bisa bermain bola atau mengikuti sekolah sepak bola. Kita akan buat lomba. Jadi biar menghibur anak-anak jangan sampai bosan. Karena masyarakat kita ini hampir banyak suka sepak bola. Memang kita harus mengajak masyarakat untuk berolahraga di mana saja dan kapan saja,” tambah Isnanta.

Adapun beragam program senam yang dicanangkan Kempora ini menuai apresiasi aktor Ucok Baba.

“Kita harus happy ya, sehat jasmani dan rohani. Makanya saya ikut dong partisipasi disini. Senam sehat bugar bagus sekali. Saya juga sudah banyak ngobrol dengan Pak Deputi Raden Isnanta. Ini artinya sangat bagus, sangat diperhatikan. Siapa pun orangnya harus berolahraga,” ujar Ucok Baba.