Kemlu: KBRI Yangon Siaga 2, WNI Diminta Berdiam di Rumah

– Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) dan Badan Hukum Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Judha Nugraha menyatakan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Yangon, Myanmar, saat ini telah menetapkan status Siaga 2. Terkait hal itu, Judha mengatakan KBRI telah mengeluarkan imbauan agar WNI tetap tenang dan berdiam diri di tempat tinggal masing-masing.

“Memperhatikan perkembangan situasi terakhir dan sesuai rencana kontijensi, saat ini KBRI Yangon menetapkan status Siaga 2,” kata Judha saat dihubungi wartawan, Kamis (4/3/2021) malam.

Judha mengatakan KBRI Yangon juga meminta WNI agar menghindari bepergian, termasuk ke tempat kerja jika tidak ada keperluan sangat mendesak.

“Sedangkan bagi WNI beserta keluarganya yang tidak memiliki keperluan yang esensial, dapat mempertimbangkan untuk kembali ke Indonesia dengan memanfaatkan penerbangan komersial yang saat ini masih tersedia,” lanjut Judha.

Judha menegaskan Kemlu dan KBRI Yangon terus memantau perkembangan situasi di Myanmar. “Saat ini dipandang belum mendesak untuk melakukan evakuasi WNI,” ujarnya.

BACA JUGA

Menlu: Tanpa Myanmar Membuka Pintu, Niat Baik ASEAN Tidak Akan Berjalan

Berita terkait: