Kasus Video Syur Gisel, Polisi Tunggu Jaksa Teliti Berkas Perkara

Polda Metro Jaya , masih menunggu kejaksaan menganalisis berkas perkara Gisella Anastasia alias Gisel dan Michael Yukinobu de Fretes alias MYD, terkait kasus pornografi video syur keduanya setelah sebelumnya dilengkapi penyidik.

“Sampai saat ini, kami masih menunggu hasil penelitian jaksa bagaimana,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, Sabtu (6/3/2021).

Dikatakan Yusri, sebelumnya berkas perkara Gisel dan Yukinobo sempat dikembalikan jaksa untuk dilengkapi bukti formal dan materiel. Kemudian, penyidik sudah melengkapi dan menyerahkan kembali berkasnya ke jaksa.

“Jadi sudah kita lengkapi dan sudah dikirim kembali kan kemarin, sekarang masih menunggu seperti apa hasilnya,” ungkapnya.

BACA JUGA

Sambangi Kejari Jaksel, Gisel Minta Izin Tunda Hadiri Sidang Penyebar Video

Sebelumnya, jagat maya digegerkan dengan beredarnya video syur berdurasi 19 detik yang pemeran perempuannya disebut mirip dengan Gisel.

Merespon beredarnya video itu, seorang pengacara bernama Febriyanto Dunggio, membuat laporan ke Polda Metro Jaya. Aduannya tercatat dalam nomor laporan polisi, LP/6608/XI/Yan.2.5/2020/SPKT PMJ, tertanggal 07 November 2020. Dia melaporkan ada lima akun media sosial yang diduga menyebarkan video syur itu.

Setelah melakukan serangkaian penyelidikan dan penyidikan dengan memeriksa saksi-saksi serta mengumpulkan alat bukti, polisi kemudian menangkap dan menetapkan dua tersangka berinisial M dan PP. Keduanya merupakan orang yang berperan menyebarkan video itu secara masif di dunia maya, dengan motif untuk meningkatkan followers atau pengikut akun media sosialnya.

BACA JUGA

Dikembalikan Jaksa, Polisi Lengkapi Berkas Perkara Gisel

Tersangka PP ditangkap di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan, pada Rabu (11/11/2020). Sedangkan MN ditangkap di daerah Sawangan, Depok, Jawa Barat, pada Kamis (12/11/2020). Keduanya pun telah diserahkan kepada kejaksaan dan sedang menjalani proses persidangan.

Tak berhenti, penyidik kemudian meminta saksi ahli digital forensik untuk menganalisis siapa pemeran pria dan perempuan dalam video syur itu. Belakangan diketahui, ternyata pemeran perempuannya benar Gisel dan pemeran prianya Michael Yukinobu. Keduanya, kemudian ditetapkan sebagai tersangka.

Penyidik telah memeriksa Gisel dan Michael Yukinobu sebagai tersangka. Seusai pemeriksaan keduanya tidak ditahan, namun wajib lapor seminggu dua kali pada hari Senin dan Kamis. Berkas perkara keduanya, saat ini masih dalam proses analisis pihak kejaksaan.

Berita terkait: