Kapan Sekolah Kedinasan 2021 Dibuka? Ini Jawabannya

– Pertanyaan kapan sekolah kedinasan 2021 dibuka terjawab sudah. Secara resmi dalam keterangannya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau PANRB, Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa sekolah kedinasan akan mulai dibuka pendaftarannya pada tanggal 9 April 2021.

Terdapat prosedur yang harus dijalani serta beberapa berkas yang wajib dipersiapkan oleh peserta sekolah kedinasan 2021 . Selengkapnya, simak poin berikut ini.

Persyaratan Berkas Sekolah Kedinasan 2021  

Untuk dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan sendiri terbilang cukup standar. Di antaranya adalah :

Baca Juga: Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021, Dibuka 9 April

  • Foto berlatar belakang merah.
  • KTP atau kartu identitas lain.
  • Kartu Keluarga.
  • Ijazah atau surat keterangan lulus.

Nantinya syarat ini mungkin saja harus ditambah, sesuai dengan sekolah kedinasan yang akan didaftar. Calon siswa sekolah kedinasan sendiri bisa secara langsung mengakses informasinya ke situs resmi masing-masing instansi yang membuka sekolah kedinasan.

Instansi Mana Saja yang Membuka Sekolah Kedinasan 2021?

Pada periode 2021 ini, setidaknya ada delapan badan negara dan kementerian yang membuka pendaftaran sekolah kedinasan. Badan negara dan kementerian ini mencantumkan keterangan lengkap pada masing-masing situs resmi, sehingga calon pendaftar bisa melihatnya dengan lebih jelas.

  1. Kementerian Hukum dan HAM.
  2. Kementerian Keuangan.
  3. Kementerian Perhubungan.
  4. Badan Intelijen Negara.
  5. Badan Siber dan Sandi Negara.
  6. Badan Pusat Statistik.
  7. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.
  8. Kementerian Dalam Negeri.

Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021

Untuk melakukan pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 , idealnya ada enam tahap yang akan dilalui calon peserta didik.

Baca Juga: Instansi yang Buka Sekolah Kedinasan 2021, Simak Link dan Cara Daftarnya

  1. Pertama, melakukan akses portal resmi SSCASN pada  https://sscasn.bkn.go.id  kemudian pilih DIKDIN.
  2. Kedua, daftarkan diri dengan membuat akun SSCN Sekolah kedinasan dan mencetak Kartu Informasi Akun. Lakukan login ke akun yang sudah dibuat, dan lengkapi semua syaratnya. pastikan Resume sudah benar, kemudian cetak Kartu Pendaftaran SSCN. Lengkap data di situs resmi sekolah kedinasan jika diperlukan.
  3. Ketiga, verifikasi. Data yang sudah masuk akan diverifikasi oleh sistem, setelah selesai Anda bisa memeriksa status kelulusan dengan login akun SSCN yang Anda miliki.
  4. Keempat, pembayaran. Jika lulus, Anda akan mendapatkan kode pembayaran. Tata cara pembayaran bisa Anda periksa pada layanan informasi atau situs resmi sekolah kedinasan tersebut. Setelah membayarkan tagihan, Anda bisa mencetak Kartu Ujian.
  5. Kelima, ujian seleksi.Ikuti ujian seleksi yang sudah disiapkan. Secara lengkap, ketentuan ujian dan syarat setiap instansi akan bisa ditemukan pada situs resmi masing-masing sekolah kedinasan.
  6. Keenam, hasil seleksi. Pengumuman akan dilakukan oleh Panitia Seleksi yang bertugas. Anda bisa memeriksa informasi hasil seleksi di SSCN Sekolah Kedinasan tahun 2021.

Mudah dan sederhana bukan? Itulah jawaban pertanyaan kapan sekolah kedinasan 2021 dibuka. Perhatikan syarat dan alur pendaftaran sekolah kedinasan diatas. Semoga artikel ini berguna dan selamat mencoba!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Berita terkait: