iPhone SE dan iPhone 6S Dilaporkan Tak Akan Kecipratan iOS 15

Deretan perangkat anyar iPhone saat ini sedang menjalankan software iOS 14. Namun untuk tahun depan, disebut bahwa tak semuanya bakal menerima pembaruan iOS 15.

Adapun perangkat yang dimaksud, seperti dikutip dari Apple Insider via Tekno Liputan6.com, adalah iPhone 6s termasuk iPhone 6s Plus, dan iPhone SE generasi pertama. Model iPhone itu dikabarkan tidak akan menerima lagi pembaruan di tahun depan.

Informasi ini memang masih sebatas rumor dan prediksi, mengingat belum ada informasi resmi dari Apple. Terlebih, peluncuran iOS 15 sendiri baru akan dilakukan tahun depan, sehingga ada kemungkinan perubahan rencana.

Kendati demikian, dua produk tersebut memang terbilang model iPhone lawas untuk saat ini. iPhone 6s pertama kali meluncur pada 2015, sedangkan iPhone SE generasi pertama memulai debut pada 2016.

Melihat hal tersebut memang ada kemungkinan keduanya tidak memperoleh pembaruan iOS 15 di tahun depan. Namun Apple sendiri terbilang rajin menggulirkan pembaruan perangkat lunak untuk perangkat besutannya, setidaknya hingga lima tahun sejak rilis pertama kali.

Oleh sebab itu, apabila rumor ini benar, ada kemungkinan hal itu dipengaruhi chip kedua perangkat yang tidak mendukung iOS generasi terbaru nantinya.

Untuk diketahui, Apple terakhir kali melakukan pembatasan semacam ini kehadiran iOS 13. Ketika itu, ada sejumlah perangkat, seperti iPhone 6, iPhone 5s, iPod Touch generasi keenam, dan generasi iPad Air pertama hanya mendapat pembaruan ke iOS 12.4.3.

Fitur iOS 14

Di sisi lain, Apple sendiri memang baru menggulirkan iOS 14 ke perangkat besutannya pada September 2020.

Pembaruan ini menghadirkan widget pada home screen iPhone untuk pertama kalinya. Selain itu, pengguna juga bisa mengumpulkan seluruh aplikasi yang ada di iPhone dalam sebuah App Library.

Lewat update iOS 14, pengguna juga bisa menggunakan mode picture-in-picture yang selama ini sudah ada di iPad. iOS 14 juga menghadirkan aplikasi Terjemah yang baru.

Sementara itu, iPadOS 14 tidak akan mengizinkan pengguna meletakkan widget di mana pun seperti yang diinginkan. Namun hal itu memungkinkan jika dilakukan dengan Apple Pencil.

Fitur Scribble atau catatan yang baru pada iPadOS 14 memungkinkan pengguna menulis dengan tangan di bidang teks apapun di iPad OS.

“Kata-kata yang ditulis secara otomatis diubah menjadi reks,” kata Apple saat meluncurkan sistem operasi baru ini.

Tidak hanya itu, dengan sistem operasi baru ini, lebih banyak aplikasi asli Apple yang yang ada di sidebar dan bagian menu diperluas untuk memanfaatkan layar iPad yang lebih besar.

Update ini juga membawa peningkatan pada aplikasi Messages, misalnya dengan kehadiran pin percakapan, mentions, dan tampilan balasan sebaris.

Peningkatan juga ada pada petunjuk arah sepeda di Maps, notifikasi yang lebih ringkas untuk paggilan masuk, peningkatan privasi, aplikasi Music yang hadir lebih baru, serta peningkatan lainnya.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustinus Mario Damar

Baca juga:
Ini 5 Smartphone Pertama yang Usung Snapdragon 875, Segera Rilis!
Samsung Dilaporkan Tengah Siapkan Galaxy Z Flip Versi Terjangkau
Ini Bocoran Kamera Xiaomi Mi 11 Pro, Secanggih Apa?
Samsung Galaxy S22 Sudah Bocor di Internet, Seperti Apa?
Xiaomi Mi 11 Pro Dilaporkan Bakal Usung Layar Tajam dan Canggih
Samsung Galaxy Note Dilaporkan Absen di 2021

Berita terkait: