Ini Daftar Terbaru Orang Terkaya Dunia 2021

Setahun sudah berlalu pandemi Covid-19 melanda dunia. Ada penawaran umum yang sangat cepat, lonjakan cryptocurrency , dan harga saham yang meroket.

Dikutip Forbes, Rabu (7/4/2021), jumlah miliarder dalam daftar Forbes y ang memasuki tahun ke-35 orang terkaya di dunia meledak ke angka 2.755 orang. Secara keseluruhan, harta orang terkaya dalam daftar Forbes mencapai US$ 13,1 triliun, atau naik dari US$ 8 triliun pada daftar tahun 2020.

Pada tahun ini mencatat rekor tertinggi yakni ada 493 pendatang baru dalam daftar -satu miliarder baru setiap 17 jam – termasuk 210 dari Tiongkok dan Hong Kong serta 98 dari Amerika Serikat (AS).

BACA JUGA

Susul Bill Gates, Elon Musk Orang Terkaya Kedua di Dunia

Pendatang baru terkaya dengan harta US$ 38,2 miliar adalah Miriam Adelson dari Nevada, yang mewarisi suaminya Sheldon Adelson pemilik kerajaan kasino setelah kematiannya pada Januari 2021.

Pendatang baru lainnya adalah produser film dan TV Tyler Perry, pendiri aplikasi kencan Bumble Whitney Wolfe Herd sekaligus miliarder wanita termuda di dunia, dan Guillaume Pousaz dari Eropa, pendiri perusahaan pembayaran Checkout.com.

Sebanyak 250 orang lain yang pernah keluar dari daftar miliarder kini kembali dalam daftar. Secara keseluruhan, 86% yang mengejutkan dari semua miliarder lebih kaya dari tahun lalu.

BACA JUGA

Kekayaan Jeff Bezos Sudah Keterlaluan

Sebanyak 10 orang terkaya memiliki kekayaan US$ 1,15 triliun, naik dua pertiga dari US$ 686 miliar tahun lalu. Secara keseluruhan, miliarder Eropa lebih kaya US$ 1 triliun dari tahun lalu. Tahun ini ada empat orang dengan kekayaan US$ 100 miliar atau lebih atau naik dari hanya satu (Bezos) di daftar tahun lalu. Adapun wanita terkaya tahun ini adalah pewaris kosmetik Francoise Bettencourt Meyers dari Prancis.

Daftar orang terkaya di dunia 2021 berikut hartanya:

1. Jeff Bezos adalah orang terkaya di dunia selama empat tahun berturut-turut, dengan harta US$ 177 miliar (Rp 2.560 triliun) naik US$ 64 miliar dari tahun lalu sebagai akibat melonjaknya harga saham Amazon.

2. Elon Musk — peraih dolar terbesar — ​​meroket ke posisi kedua dengan kekayaan US$ 151 miliar, atau US$ 126,4 miliar lebih banyak dari tahun lalu, ketika dia berada di peringkat 31 dan dengan kekayaan US$ 24,6 miliar. Alasan utama lonjakan harta Musk adalah kenaikan 705% saham Tesla.

3. Taipan barang mewah Prancis Bernard Arnault memegang di posisi ketiga, meski kekayaannya naik hampir dua kali lipat menjadi US$ 150 miliar, dari US$ 76 miliar tahun lalu menyusul kenaikan 86% saham LVMH, pemilik merek Louis Vuitton dan Christian Dior dan kosmetik Sephora.

4. Bill Gates dengan kekayaan US$ 124 miliar, didukung kekuatan saham di Microsoft, Canadian National Railway dan pembuat traktor Deere & Company.

5. Mark Zuckerberg pendiri Facebook bercokol di posisi kelima dengan harta US$ 97 miliar. Padahal tahun lalu kekayaan hanya US$ 42,3. Saham Facebook telah meningkat 80% dalam setahun terakhir karena orang-orang di seluruh dunia menggunakan platform media sosialnya untuk tetap berhubungan.

6. Warren Buffett adalah orang terkaya keenam di dunia dengan harta US$ 96 miliar. Ini adalah tahun pertama sejak 1993 di mana investor yang menjalankan Berkshire Hathaway itu tidak muncul di lima besar.

7. Chairman, Pendiri dan Chief Technology Officer Oracle, Larry Ellison ada di urutan ketujuh dalam laporan ini. Kekayaan pria 76 tahun itu senilai US$ 93 miliar. Di Oracle sendiri, dia memegang saham sebanyak 35,4%. Selain itu, Larry juga diketahui menjadi bagian dari dewan Tesla pada Desember 2018 setelah membeli 3 juta saham perusahaan di awal tahun.

8. Bos Alphabet, Larry Page juga masuk dalam orang terkaya Forbes tahun ini dengan kekayaannya US$ 91,5 miliar. Larry Page juga sudah tidak bekerja untuk Alphabet, setelah melepaskan jabatan CEO per Desember 2019 lalu. Layaknya Sergey, dia juga masih menjadi bagian dari dewan serta pemegang saham pengendali di perusahaan.

9. Sergey Brin sebelumnya merupakan presiden dari induk usaha Google, Alphabet. Pada Desember 2019 dia memutuskan mundur dari jabatannya, namun masih menjadi pemegang saham pengendali dan bagian dari dewan di perusahaan. Tahun ini dia berada di peringkat semblan dalam laporan orang terkaya 2021 untuk Forbes. Kekayaannya senilai US$ 89 miliar.

10. Dalam laporan Forbes tahun ini, kekayaan Muskesh Ambani diperkirakan senilai US$ 84,5 miliar. Pria 63 tahun ini merupakan chairman dari Reliance Industries, perusahaan di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, serta retail.

Berita terkait: