Imigrasi Sebut Orient Riwu Kore Punya Paspor Indonesia Berlaku hingga 2024

– Perwakilan dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM ( Kemkumham ) Ruri mengatakan, bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua , NTT, Orient P Riwu Kore memiliki paspor Indonesia yang berlaku hingga tahun 2024. Paspor tersebut, kata Ruri, diterbikan pada 1 April 2019.

Hal ini disampaikan Ruri saat memberikan keterangan dalam sidang perkara sengketa hasil Pilkada Sabu Raijua, di Mahkamah Konstitusi ( MK ), yang disiarkan melalui channel Youtube MK, Rabu (7/4/2021).

“Betul Yang Mulia (punya paspor Indonesia), berlaku sampai 1 April 2024, pengeluaran kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Diterbitkan 1 April 2019,” ujar Ruri saat menjawab pertanyaan Hakim MK Enny Nurbangsih soal paspor Indonesia yang dimiliki Orient.

BACA JUGA

Perkara Pilkada Sabu Raijua KJRI Los Angeles: Orient Riwu Kore Tak Jujur

Ruri menjelaskan, paspor ini diterbitkan sebagai pengganti surat perjalanan laksana (SPL) paspor yang diterbitkan KJRI Los Angeles, Amerika Serikat, pada tahun 2019. Menurut dia, pihaknya menerbitkan paspor Indonesia karena SPL Orient menunjukkan yang bersangkutan merupakan warga negara Indonesia dan fungsi SPL hanya sekali perjalanan.

“Karena fungsi SPL ini hanya digunakan sekali perjalanan pulang dari luar negeri, masuk ke Indonesia,” kata dia.

Terkait informasi atau data bahwa Orient memilik paspor Amerika Serikat, Ruri mengatakan, pihaknya tidak bisa mendeteksi jika yang bersangkutan tidak menggunakan paspor AS atau tidak melaporkan paspor tersebut kepada pihak Dirjen Imigrasi. Dia mengaku, saat mengurus paspor Indonesia, Orient tidak memberikan keterangan bahwa dirinya telah memperoleh kewarganegaraan negara lain atau asing.

BACA JUGA

Perkara Pilkada Sabu Raijua KJRI Los Angeles: Orient Riwu Kore Ajukan Penerbitan Paspor Maret 2019

“Selama paspor asing tidak digunakan atau tidak tercatat dalam perlintasan kami, kami tidak bisa mendeteksi yang bersangkutan menggunakan paspor lain selain paspor Indonesia,” tutur dia.

Ruri juga menginformasikan, terakhir Orient masuk ke Indonesia menggunakan paspor Indonesia. “Terakhir masuk di catatan perlintasan kami, (Orient) masuk tanggal 16 Juli 2020 dengan paspor Indonesia dengan nomor EX 746666 melalui Bandara Soekarno Hatta, Pukul 23.28.27,” kata Ruri

Berita terkait: