Imbas Pandemi di RI, Gojek Fokus Garap Potensi Bisnis Asia Tenggara

Bisnis transportasi Gojek menurun drastis selama pandemi Covid-19. Tak banyak yang bisa diharapkan dari sektor penyedia layanan transportasi berbasis online ini, membuat Gojek harus mencari peluang lain demi bisa bertahan.

CEO Gojek, Kevin Aluwi, mengatakan salah satu yang dilakukan Gojek yakni dengan menggarap pasar luar negeri yang selama ini belum menjadi fokus perusahaan. Ekspansi pasar global ini pun menjadi perhatian.

“Sebenarnya ini sudah dilakukan sebelum pandemi, tapi sekarang perlu diekspansi di luar negeri,” kata Kevin dalam Webinar Kompas 100 CEO FORUM: Digitization; Catching Up with The New Era of Consumer, Jakarta , Kamis (14/1).

Alasannya, pandemi yang dialami beberapa negara tidak separah yang dialami di Indonesia. Aktivitas masyarakat di luar negeri sudah lebih baik dibandingkan di Indonesia.

Garap Pasar Singapura, Thailand dan Vietnam

singapura thailand dan vietnam

Maka dari itu, Gojek mulai memfokuskan pengembangan produk di pasar Singapura, Thailand dan Vietnam. Kevin menyebut beberapa produk Gojek di luar negeri ini memang tidak menggunakan label nama Gojek. Namun, saat ini semua lini bisnis tersebut akan disatukan dalam platform yang sama.

“Potensi di luar negeri belum digarap, makanya ini akan kita satukan brandingnya, karena itu salah satu kunci semakin dalam ke market di luar Indonesia,” kata dia.

Kevin menambahkan, saat ini setidaknya sudah ada 38 juta pengguna aktif Gojek di Asia Tenggara setiap bulan. “Pengguna aktif Gojek di Asia Tenggara capai 38 juta setiap bulannya,” kata dia.

Baca juga:
Gojek Prediksi Bisnis Transportasi Online Masih Bakal Lesu Hingga Akhir 2021
Diisukan Merger, Tokopedia dan Gojek Kompak Bungkam
Gojek Masuk Bank Jago Disebut Bakal Dorong Inklusi Keuangan
Gojek Caplok Saham 22 Persen Bank Jago
Gojek dan Telkomsel Geber Kolaborasi Dukung Transformasi Digital UMKM
Dukung Transaksi Non-Tunai, Gojek Kolaborasi dengan BCA Luncurkan GoBiz Plus
GoPay Raih Sertifikasi ISO 27001 Untuk Keamanan Informasi

Berita terkait: