F1 Grand Prix Australia dan Tiongkok Resmi Ditunda

– Formula 1 secara resmi mengumumkan Grand Prix Australia dan Tiongkok ditunda karena pembatasan Covid-19. Padahal keduanya seharusnya menjadi balapan pembuka 2021 di Australia, dan balapan ketiga untuk di Tiongkok.

Dengan penundaan ini, pembukaan musim tahun ini akan dibuka dengan balapan di di Bahrain, pada 26-28 Maret.

Penundaan tersebut dilakukan mengingat Australia dan Tiongkok memiliki aturan ketat tentang kedatangan internasional. Grand Prix Australia, yang semula dijadwalkan pada 19-21 Maret, berubah menjadi 19-21 November 2021. Sedangkan seri balapan di Imola, Italia, akan menjadi tujuan kedua tahun ini yang digelar pada 16-18 April 2021.

Balapan ketiga musim ini, yang dijadwalkan pada 2 Mei, masih belum dapat dipastikan lokasinya. Tetapi diharapkan akan diisi oleh sirkuit Portimao Portugal setelah debutnya tahun lalu.

Tanggal balapan Brasil, Arab Saudi dan Abu Dhabi telah dipindahkan untuk mengakomodasi perlombaan Australia yang ditunda. Brasil bergerak maju satu minggu ke 7 November, sedangkan dua balapan lainnya mundur seminggu menjadi 5 dan 12 Desember. Kabar baiknya, musim 2021 akan memiliki rekor gelaran sebanyak 23 balapan. Setelah tahun lalu hanya digelar sebanyak 17 dari 22 balapan yang direncanakan.

Presiden F1 Stefano Domenicali mengaku sangat senang untuk memastikan bahwa jumlah balapan yang direncanakan untuk musim ini tetap dan tidak berubah.

Pandemi global belum memungkinkan kehidupan kembali normal, tetapi pihaknya menunjukkan pada 2020 bahwa dapat menggelar balapan dengan aman sebagai olahraga internasional pertama yang kembali.

“Kami memiliki pengalaman dan rencana untuk mewujudkan musim ini,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Domenicali mengatakan pihaknya tengah berdiskusi mengenai tanggal baru untuk Grand Prix Tiongkok, dari tanggal yang seharusnya diadakan dari 9-11 April.

“Merupakan berita bagus bahwa kami telah dapat menyetujui tanggal yang dijadwalkan ulang untuk Grand Prix Australia pada November dan terus bekerja dengan rekan-rekan Tiongkok untuk menemukan solusi balapan di sana pada 2021 jika ada perubahan,” paparnya.

Jadwal F1 2021 Terbaru
28 March – Bahrain (Sakhir)
18 April – Italia (Imola)
2 Mei – TBC
9 Mei – Spanyol (Barcelona)
23 Mei – Monaco (Monaco)
6 Juni – Azerbaijan (Baku)
13 Juni – Kanada (Montreal)
27 Juni – Prancis (Le Castellet)
4 Juli – Austria (Spielberg)
18 Jul – Inggris (Silverstone)
1 Agustus – Hunggaria (Budapest)
29 Agustus – Belgia (Spa)
5 September – Belanda (Zandvoort)
12 September – Italia (Monza)
26 September – Rusia (Sochi)
3 Oktober – Singapura (Singapura)
10 Oktober – Jepang (Suzuka)
24 Oktober – Amerika Serikat (Austin)
31 Oktober – Meksiko (Mexico City)
7 November – Brasil (Sao Paulo)
21 November – Australia (Melbourne)
5 Desember – Saudi Arabia (Jeddah)
12 Desember – Abu Dhabi (Yas Island)

Berita terkait: