ESDM Catat 2.346 Pelanggan PLTS Atap per Juni 2020, Terbanyak di DKI

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat sudah ada 2.346 pelanggan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap pada Juni 2020. Dari jumlah tersebut total kapasitas listrik yang digunakan sebanyak 11,5 MW.

“Sampai dengan saat ini, Juni 2020 pelanggan PLTS Atap ini ada 2.346 dengan kapasitas 11,5 megawatt,” kata Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementerian ESDM, Harris dalam Virtual Press Conference GNSSA 2.0: Siap Beratap Panel Surya, Jakarta , Rabu (16/9).

Dari jumlah pelanggan tersebut, terjadi peningkatan lebih dari 1.300 pelanggan sejak Desember 2018. Berdasarkan sebaran wilayah, DKI Jakarta menjadi pelanggan terbanyak yang menggunakan PLTS Atap. Ada 703 pelanggan dengan kapasitas listrik 2.986,5 kWp.

Diikuti provinsi Jawa Barat dengan jumlah pelanggan 656 dan kapasitas 2.452 kWp. Lalu, Provinsi Banten dengan jumlah pelanggan 544 dan kapasitas 1.254,9 kWp. Kemudian Jawa Timur sebanyak 191 pelanggan dengan kapasitas 1.430 kWp dan Provinsi Jawa Tengah dan DIY 95 pelanggan dengan kapasitas 2.125 kWp.

“Kalau dilihat sebenarnya paling banyak di Jakarta, Jawa Barat, Banten. Diikuti Jawa Timur, Jawa Tengah dan DIY, Bali dan Aceh. Ini progres yang sudah terpasang,” kata Harris.

Pelanggan PLTS Terbanyak Sektor Industri

terbanyak sektor industri

Sementara itu terkait sebaran PLTS Atap berdasarkan kelompok pelanggan di dominasi industri 85 persen, kelompok sosial dan kelompok bisnis masing-masing 7 persen. Sedangkan, kelompok pemerintah dan kelompok rumah tangga masing-masing 1 persen.

Harris berharap program yang sudah dicanangkan untuk penggunaan PLTS Atap ini bisa diimplementasikan di berbagai gedung pemerintah. Begitu juga dengan pelanggan golongan R1 dan pelanggan lainnya.

[bim]

Baca juga:
Siap-Siap, Listrik Subsidi akan Diganti dengan PLTS Atap
Penggunaan Energi Terbarukan di Indonesia Baru 19,5 Persen dari Target 23 Persen
Kementerian ESDM: PLTS Sekarang Paling Murah di Dunia
ESDM Rencana Bangun PLTS di Lubang Bekas Galian Tambang, Efektifkah?
Industri Sawit di Sumatera Selatan Akan Dilistriki PLTS
Indonesia Bakal Miliki PLTS Terapung Terbesar di Asia Tenggara
PLN Akan Teken Perjanjian Jual Beli Listrik PLTS Terapung Cirata di Uni Emirat Arab

Baca Selanjutnya: Pelanggan PLTS Terbanyak Sektor Industri…

Halaman

  • 1
  • 2

Berita terkait: