DPR Apresiasi KPK Selamatkan Rp 79 Triliun Uang Negara

– DPR mengapresiasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah menyelamatkan Rp79 triliun uang negara pada semester I 2020. KPK juga menyidik 160 perkara.

“Kami sampaikan apresiasi kepada KPK, baik pimpinan , penyidik, maupun pegawai di KPK,” kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Dasco berharap kinerja itu terus menjadi penyemangat agar KPK bekerja lebih baik lagi. Bagi DPR, kinerja demikian tentu bukan akhir daripada prestasi KPK yang ditunggu publik.

“Lakukan penindakan di mana diperlukan, sehingga proses pemberantasan korupsi di Indonesia bisa berjalan dengan baik,” ujar Dasco.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri memaparkan prestasi yang ditorehkan KPK selama satu semester kerja.

“Penyampaian capaian-capaian hasil kerja KPK selama satu semester ini tidak dimaksudkan untuk show off, tapi hanya sebatas menginformasikan apa-apa saja capaian kinerja, bahwa selama ini kami bekerja dan bekerja,” kata Firli, Senin (27/7/2020).

Firli mengatakan, selama bulan Januari – Juni 2020 ada penyidikan sebanyak 160 perkara. Kemudian pemeriksaan saksi sebanyak 3.512 orang serta pemanggilan tersangka dan penetapan tersangka sebanyak 85 orang.

“KPK juga sudah melakukan penangkapan dan penahanan pelaku korupsi 61 orang. Tersangka yang belum ditahan 24 orang,” ungkap Firli.

Perkara yang telah diselesaikan sebanyak 99 perkara. Terdiri dari 82 perkara yang sudah incracht dan 17 perkara masih dalam proses penuntutan.

KPK juga melakukan penggeledahan sebanyak 25 kali dan penyitaan sebanyak 201 kali.

“Untuk bidang pencegahan dengan kegiatan intervensi berupa penertiban aset daerah, pajak, sertifikasi lahan oleh KPK telah menyelamatkan keuangan negara sekitar Rp79 triliun,” ujar Firli.

Berita terkait: