Disdik Depok Manfaatkan Kanal YouTube

Dinas Pendidikan (Disdik) memiliki kanal Youtube yang diberi nama ‘Belajar Bersama Disdik Depok’. Kanal ini digunakan untuk menunjang pembelajaran jarak jauh ( PJJ ), selama pandemi Covid-19.

Kepala Disdik Kota Depok , Mohammad Thamrin mengatakan, kanal YouTube ini akan memuat video-video pembelajaran. Mulai dari materi pembelajaran bagi siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Nanti ada semua, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA. Waktu penayangannya setiap Senin sampai Kamis pukul 07.45 -12.00 WIB, serta Jumat pukul 07.45-11.00 WIB,” tutur Thamrin di Depok, Jawa Barat, Minggu (24/1/2021).

BACA JUGA

Disdik Depok Minta Siswa Tetap Belajar di Rumah

Thamrin meyakini meski masih dalam masa pandemi Covid-19 dan pembelajaran dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah (BDR) tapi pembelajaran tetap berjalan dengan baik dan maksimal.

“Pembelajaran tetap berjalan dengan baik. Intinya masalah pemahaman terhadap pelajaran-pelajaran dan kejenuhan dari para siswa bisa terbantu dengan channel YouTube ini,” papar Thamrin.

Dirinya berharap, kehadiran kanal YouTube tersebut dapat bermanfaat bagi siswa di Kota Depok. Selain itu, juga bisa meminimalisir kendala selama BDR berlangsung. “Bisa dimanfaatkan tidak hanya di jam belajar, tapi dapat diulang kembali saat di luar jam belajar,” ujar Thamrin.

BACA JUGA

Rencana Sekolah Tatap Muka di Depok Masih Dibahas

Dipaparkan Thamrin, pihaknya juga telah bekerja sama dengan guru-guru di Kota Depok untuk mengisi konten di kanal YouTube tersebut. Hal itu demi memfasilitasi dan mempermudah siswa dalam mengikuti pembelajaran.

“Kami bekerja sama dengan guru-guru di Kota Depok untuk mengisi materinya. Jadi murid-murid akan lebih senang, dan guru lebih kreatif,” tutur Thamrin.

Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMP Negeri 16 Depok Tati Maryati menuturkan, adanya kanal YouTube ini membuat siswa dapat belajar kapan pun. Orang tua siswa juga dapat memantau langsung kegiatan belajar mengajar anaknya. “Orang tua jadi tahu juga materi-materi yang disampaikan oleh gurunya. Jadi bisa membantu belajar dari rumah,” ujar Tati.

BACA JUGA

Mendikbud Dorong Daerah 3T Segera Pembelajaran Tatap Muka

Siswa sendiri menyambut baik hadirnya kanal YouTube ini, Detalia Boru Sihotang, siswi SMP Negeri 13 Depok, mengaku sangat terbantu dengan adanya kanal YouTube tersebut.

“Kalau di YouTube bisa aku ulang-ulang materinya, jadi materi yang kurang paham bisa dilihat lagi,” ujar Detalia.

Berita terkait: