Besok, Sertijab Kabareskrim Polri

Komjen Agus Andrianto segera mengisi kursi Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ( Kabareskrim Polri) yang lowong setelah ditinggal Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri

Berdasar informasi yang diterima , upacara Serah Terima Jabatan ( Sertijab ) akan digelar di Mabes Polri Rabu (24/1/2021) besok.

“Sekaligus jika tidak aral melintang. Di antaranya Pak Agus Kabareskrim, lalu kursinya diserahkan ke Kalemdiklat Komjen Arief Suliistyanto, dan lalu kursi Kalemdikat diserahkan ke Komjen Rycko Amelza Dahniel yang saat ini duduk sebagai Kabaintelkam,” kata seseorang yng mengetahui hal ini.

Acara akan berlangsung terbatas, tertutup, dan ada yang digelar virtual untuk mencegah penularan Covid-19.

Di bagian lain Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengaku belum mendapat info soal acara ini. “Saya belum dapat info,” kata Argo saat dikonfirmasi secara terpisah

Seperti diberitakan mutasi ini berdasarkan surat telegram rahasia (STR) dengan nomor ST/318/II/2021 tertanggal 18 Februari 2021.

STR tersebut ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Sutrisno Yudhi Hermawan atas nama Kapolri.

Agus merupakan lulusan Akpol angkatan 1989 yang lahir di Blora, Jawa Tengah pada 16 Februari 1967.

Ia juga pernah berdinas di Bareskrim sebagai Direktur Tindak Pidana Umum pada 2016. Saat itu ia menangani kasus penistaan agama yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Agus juga pernah duduk sebagai Kapolda Sumatera Utara. Saat ini ia duduk sebagai Kabaharkam dan akan digantikan oleh Kalemdiklat Komjen Arief.

BACA JUGA

Jadi Kabareskrim, Agus Andrianto Miliki Harta Rp 1,73 Miliar

Arief lalu diganti Kabaintelkam Komjen Rycko. Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw ditunjuk sebagai Kabaintelkam.

Ini adalah sejarah sebab Paulus—meskipun besar di Surabaya—adalah putra asli Papua pertama yang berpangkat Komjen. Ia lahir di Fakfak, Papua Barat. Paulus akan pensiun pada Oktober 2021.

Berita terkait: