Berolahraga Bulutangkis di Masa Pandemi, Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Berolahraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Pada masa pandemi ini, hal ini semakin penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Tak sedikit orang yang masih memilih bulutangkis di tempat umum. Apabila kamu memilih berolahraga atau latihan fisik outdoor atau indoor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

dr Michael Triangto SpKO – Spesialis Kedokteran Olahraga sekaligus Direktur Slim&Health Sports Center Jakarta mengatakan olahraga untuk imunitas itu yang intensitasnya sedang. Jika memilih badminton di dalam ruangan, perlu melakukannya dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Menurutnya, untuk bulutangkis sebenarnya para pemain menjaga jarak yang cukup jauh, tidak ada kontak kecuali ketika menggunakan shuttlecock bulutangkis yang sama.

“Sedangkan kontak dekat jarang sekali. Kecuali gerakan netting, itu dapat diatasi dengan panjangnya raket. Jadi sebenarnya risiko jauh lebih kecil daripada sepak bola . Namun tidak menutup kemungkinan kalau ada yang sakit, kita tidak tahu musuh kita siapa, kemungkinan itu tetap ada,” kata Michael dalam acara live dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) beberapa waktu lalu.

Penggunaan Masker

Bagaimana dengan masker? Michael berpesan apabila para pemain merasa kesulitan menggunakan masker, semua harus benar-benar yakin kalau situasi aman.

Untuk panduan olahraga atau latihan fiisk di tempat umum. PDSKO juga pernah merekomendasikan sebaiknya tetap memperhatikan protokol dan panduan pencegahan COVID-19.

Sebenarnya menurut PDSKO, berolahraga di tempat umum secara berkelompok bersama orang lain dengan menggunakan alat yang bergantian itu termasuk berisiko tinggi. Usahakan selalu membawa hand sanitizer, hindari menyentuh permukaan sarana atau peralatan umum, dan area wajah selama latihan fisik.

“Tetap menggunakan masker. Olahraga yang direkomendasikan saat ini adalah intensitas ringan sampai sedang dengan menggunakan masker,” saran PDSKO.

Reporter: Melly Febrida
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Baca juga:
Proses Penuaan Sehat dan Sukses pada Lansia Bisa Dimulai Sejak Usia Muda
Unsur-unsur Kebugaran Jasmani, Berikut Cara Melatihnya
Penyebab terjadinya Rasa Sakit Menusuk di Perut atau ‘Suduken’ ketika Berlari
Sebelum Berolahraga, Perhatikan dan Ikuti Sejumlah Hal Berikut Ini

Baca Selanjutnya: Penggunaan Masker…

Halaman

  • 1
  • 2