Aturan Pakai Masker di Mobil Pribadi Perlu Disosialisasikan

Sejumlah video viral di jejaring media sosial soal keluhan warga yang ditangkap karena tak sempurna memakai masker di dalam mobil pribadi.

Anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidayati mengatakan, keluhan warga ini sebaiknya direspons pemerintah daerah (Pemda) dan aparat dengan meningkatkan sosialisasi peraturan. “Seiring dengan pengawasan, harus ada sosialisasi peraturan dan sanksi,” kata Kurniasih Mufidayati, Kamis (17/9/2020).

BACA JUGA

Operasi Yustisi di Danau Sunter, Warga Protes Sosialisasi Tidak Detail

Menurutnya, dengan sosialisasi yang baik, masyarakat akan memahami isi kebijakan itu. Masyarakat juga jadi paham hal-hal yang tak boleh dilakukan. “Termasuk jenis sanksinya jika dia melanggar,” pungkas Mufidayati.

“(Soal hukuman tak pakai masker di mobil) Dilihat saja di peraturannya, sesuai apa tidak,” imbuhnya.

Untuk diketahui, sejumlah warga protes karena tak memakai masker di dalam mobil pribadi. Salah satu yang terbaru pria di Jakarta Utara, yang akhirnya memilih membayar sanksi denda di hadapan hakim, walau sempat protes karena merasa tak merugikan orang lain. Di Blitar, bahkan seorang dokter dihukum dan sempat protes karena merasa aturan mengenai pemakaian masker di dalam mobil tak pernah disosialisasikan.