Anjungan Dukcapil Mandiri Permudah Layanan Masyarakat

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dukcapil ) Kementerian Dalam Negeri ( Kemdagri ), Zudan Arif Fakrulloh mengemukakan, keberadaan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) merupakan revolusi layanan administrasi kependudukan (Adminduk) yang mentransformasikan semua pemikiran, perangkat, dan sumber daya manusia (SDM) ke dalam mesin yang mirip dengan ATM untuk mengambil uang tunai.

Masyarakat yang ingin menggunakan ADM bisa datang ke Dinas Dukcapil terdekat seperti datang ke bank untuk mendapatkan personal identification numbers (PIN) dan kata kunci ( Password ).

“Setelah mendapatkan PIN dia bisa mencetak dokumen kependudukan yang dibutuhkan dan bisa menggunakan mesin ADM selama dua tahun dengan PIN itu,” kata Zudan di Jakarta, Sabtu (18/7/2020).

Ia menjelaskan, jika ingin mencetak kartu keluarga (KK), tinggal ajukan permohonan cetak KK. Nanti, petugas Dukcapil akan mengirimkan pemberitahuan atau notifikasi melalui layanan SMS ke perangkat handphone .

ADM juga bisa melayani penduduk di luar domisili. Misalnya, kalau KTP elektronik yang hilang di jalan bisa mendatangi ADM untuk mencetak e-KTP. Dengan langkah ini, akan mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

” Dukcapil yang dulu dianggap lamban, berbelit-belit, terlalu prosedural, kita ubah branding -nya menjadi Dukcapil yang cepat, lincah, Dukcapil yang trengginas, Dukcapil yang responsif,” tuturnya.

Zudan menegaskan ADM telah diluncurkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada akhir November 2019 lalu. ADM dihadirkan kepada masyarakat guna mempermudah proses pembuatan dokumen Dukcapil.

Mesin ADM memiliki sejumlah fungsi yang dapat mempersingkat proses pembuatan. Tidak hanya mempersingkat waktu, namun mesin ADM juga dapat mencetak berbagai dokumen dukcapil, seperti KTP elektronik, akta kelahiran, kartu keluarga, kartu identitas anak (KIA), dan akta kematian.

ADM juga dapat memproses permohonan pembuatan dokumen dukcapil lebih cepat. Nantinya masyarakat dapat datang secara langsung ke dukcapil atau melalui online . Kemudian, jika telah mengajukan permohonan, pemohon bisa langsung mencetak dokumen dukcapil dengan cepat, mudah, gratis, dan berstandar sama.

“Masyarakat tidak perlu datang ke kantor Dukcapil lagi. Namun, bisa mendatangi mesin ADM. Cukup dari ADM, (mencetak dokumen) tidak perlu ke kantor Dukcapil. Sistem ini bekerja dengan pengaman NIK, pin, dan QR code,” tutup Zudan.

 

 

 

Berita terkait: