Anies: Penanganan Banjir Jakarta Adalah Kerja Kolosal

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa penanganan banjir Jakarta adalah kerja kolosal yang membutuhkan keterlibatan dari berbagai pihak. Kerja kolosal ini, kata Anies, perlu direncanakan dengan serius sebelum musim hujan tiba.

“Penanganan dampak curah hujan itu adalah sebuah kerja kolosal yang direncanakan dengan serius, disimulasikan di lapangan sebelum musim hujan tiba. Lalu dilaksanakan secara bersama-sama oleh semua unsur,” ujar Anies dalam video yang disiarkan melalui YouTube Pemprov DKI Jakarta, Selasa (23/2/2021).

BACA JUGA

Surut dalam Sehari, Anies Apresiasi 16.000 Petugas yang Siaga Tangani Banjir

Kerja kolosal inilah, kata Anies, yang bisa membuat genangan air dan banjir Jakarta akibat hujan ekstrem pada Sabtu (20/2/2021) bisa surut dalam satu hari. Pemerintah dan elemen masyarakat, kata dia, bahu membahu menangani dan mengendalikan banjir termasuk membantu warga terdampak banjir.

“Akhirnya, alhamdulillah atas izin Allah ikhtiar kolektif ini bisa secara cepat memulihkan kondisi di ibukota, mengembalikan Jakarta bisa berkegiatan seperti semula,” tutur dia.

Anies berharap kerja kolosal ini terus ditingkatkan ke depan sambil terus meningkatkan kewaspadaan. Dia meminta warga tidak boleh lengah dengan menghadapi musim penghujan ini.

BACA JUGA

Perlu Langkah Integratif Pusat dan Jabodetabek-Punjur untuk Tangani Banjir

“Tidak boleh kita lengah dan kita harus terus memperhatikan peringatan dari BMKG terkait dengan ramalan cuaca di hari-hari dan pekan-pekan ke depan. Terakhir kita berdoa nsyaallah Jakarta bisa dijauhkan dari bencana. Semoga Allah merahmati kota Jakarta dan melindungi kita semua,” pungkas Anies.

Berita terkait: