Anggaran Pembangunan Tugu Sepeda di Sudirman Capai Rp 800 Juta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI bakal menghabiskan anggaran Rp 800 juta untuk membangun tugu sepeda di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

Pembangunan tugu sepeda ini bersamaan dengan pembangunan jalur sepeda permanen sepanjang 11,2 kilometer di Jalan Sudirman-Thamrin.

Riza menjelaskan, total keseluruhan anggaran untuk membangun tugu sepeda dan jalur permanen mencapai Rp 28 miliar. Anggaran ini tidak menggunakan dana APBD, tetapi anggaran dari kewajiban pihak ketiga.

“Ini dapat anggaran (Rp 28 miliar) dari kewajiban pihak swasta,” kata Riza, Kamis (8/4/2021).

BACA JUGA

Jalur Sepeda, Ditlantas Polda Metro Dapat Berbagai Masukan

Menurut Riza, pembangunan tugu dan jalur sepeda ini menunjukkan keberpihakan Pemprov DKI terhadap pengguna jalan, khususnya yang menggunakan sepeda.

Sarana Transportasi
Apalagi, kata dia, sepeda ke depan diharapkan tidak saja sebagai sarana olahraga dan rekreasi, tetapi juga menjadi sarana transportasi.

“Jadi (sepeda) bisa terintegrasi dengan moda transportasi lain. Sepeda ini kan alat transportasi yang bisa digunakan oleh siapa pun,” tutur dia.

BACA JUGA

Pesepeda Wajib Lintasi Jalur Khusus yang Tersedia

Selain itu, lanjut Riza, pembangunan tugu sepeda bisa memberikan ruang kepada pelaku seni untuk berkreasi dalam rangka mempercantik Jakarta.

Menurut dia, pembangunan tugu sepeda ini bisa memberikan efek yang lebih besar kepada warga Jakarta.

“Itu kan memberi ruang untuk pelaku seni berkreasi, seni untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas dan mempercantik Jakarta. Apalagi anggarannya dari pihak ketiga,” pungkas Riza.

Berita terkait: