Analisis Musik Lagu ‘Photograph’ Ed Sheeran: Kenangan Manis dalam Gambar

Photo of author

By Dinda

Musik adalah bahasa universal yang mampu mengungkapkan perasaan dan kenangan dengan indah. Salah satu lagu yang menggambarkan keindahan ini adalah “Photograph” yang dibawakan oleh Ed Sheeran. Lagu ini meraih popularitas yang besar sejak dirilis pada tahun 2015 dan telah menjadi salah satu lagu yang paling diidentifikasi dengan penyanyi berbakat asal Inggris ini. Dalam artikel ini kami lansir dari lirikterjemahan.id, kita akan melakukan analisis mendalam terhadap musik lagu “Photograph” dan mencoba memahami bagaimana lagu ini mampu menggambarkan kenangan manis dalam gambar dengan kekuatan lirik dan musiknya.

Latar Belakang

“Photograph” adalah salah satu lagu dari album kedua Ed Sheeran yang berjudul “x” (dibaca sebagai “multiply”). Album ini dirilis pada tahun 2014 dan segera mendapatkan perhatian dari penggemar musik di seluruh dunia. “Photograph” sendiri dirilis sebagai singel pada tahun 2015 dan menjadi salah satu lagu yang paling populer dalam karier Sheeran. Lagu ini ditulis oleh Ed Sheeran bersama Johnny McDaid, seorang penulis lagu dan musisi asal Irlandia.

Kenangan dalam Gambar

Lagu “Photograph” membawa pendengarnya ke dalam perjalanan melalui kenangan pribadi Sheeran. Liriknya menggambarkan betapa kuatnya gambar-foto dalam menyimpan momen-momen berharga dalam hidup seseorang. Lagu ini membangkitkan perasaan nostalgia dan mengajak pendengar untuk merenung tentang kenangan-kenangan yang telah terjadi dalam hidup mereka sendiri.

Salah satu baris lirik yang paling menggugah perasaan dalam lagu ini adalah, “Loving can heal, loving can mend your soul.” Ini adalah pengingat yang kuat akan kekuatan cinta dalam menyembuhkan luka dan memperbaiki jiwa yang terluka. Ketika dilihat melalui lensa fotografi, cinta bisa diibaratkan sebagai gambar-gambar indah yang kita simpan sebagai kenangan manis.

Baca juga  Rencana Rahasia Unduh Video TikTok Gratis dan Tanpa Batas Snaptik

Analisis Lirik

Lirik Photograph mengandung pesan-pesan penting tentang cinta, kenangan, dan bagaimana gambar-gambar dapat menjadi jendela ke masa lalu. Berikut adalah analisis lebih mendalam tentang beberapa bagian lirik lagu ini:

  1. “Loving can hurt, loving can hurt sometimes” Sheeran memulai lagu dengan pengakuan bahwa cinta tidak selalu membawa kebahagiaan. Kadang-kadang, cinta juga dapat menyakitkan. Ini adalah realitas dalam kehidupan, bahwa cinta dapat membawa sukacita dan juga kesedihan.
  2. “We keep this love in a photograph” Bagian ini menyoroti betapa pentingnya gambar-gambar dalam menyimpan kenangan cinta. Gambar-gambar tersebut adalah bukti konkret dari cinta yang telah dialami bersama orang yang dicintai.
  3. “And if you hurt me, well, that’s okay, baby, only words bleed” Sheeran menggambarkan bahwa kata-kata bisa melukai, tetapi cinta yang mereka bagi bersama akan tetap abadi dalam gambar-gambar. Ini adalah pesan yang mendalam tentang kekuatan kenangan dan pengampunan dalam cinta.
  4. “Wait for me to come home” Bagian ini menegaskan harapan dan keinginan untuk kembali bersama, meskipun terpisah oleh jarak dan waktu. Ini adalah ungkapan rindu yang kuat dalam lirik lagu.
  5. “So you can keep me inside the pocket of your ripped jeans” Sheeran menciptakan gambaran yang indah tentang cinta yang tetap ada dalam hal-hal sehari-hari, seperti kantong celana yang robek. Ini adalah cara lirik lagu ini menghubungkan cinta dengan objek fisik yang sederhana.

Analisis Musik

Selain lirik yang mendalam, musik dalam lagu “Photograph” juga memainkan peran besar dalam menyampaikan emosi dan suasana hati. Berikut adalah beberapa elemen musik yang memperkuat pesan dalam lagu ini:

  1. Melodi Gitar yang Sederhana Ed Sheeran dikenal dengan gaya bermain gitar akustiknya yang khas. Dalam “Photograph,” melodi gitar yang sederhana dan mengalun lembut menciptakan suasana yang intim dan penuh perasaan.
  2. Vokal Mendalam Suara Sheeran yang khas dan mendalam membawa lirik-lirik lagu ini ke tingkat yang lebih tinggi. Vokalnya mengandung emosi yang kuat dan membuat pendengar merasa terhubung dengan lirik.
  3. Penggunaan Instrumen Tambahan Meskipun dasar lagu ini adalah gitar akustik dan vokal, penggunaan instrumen tambahan seperti piano dan akordeon memberikan kedalaman yang lebih besar pada komposisi musik.
  4. Dinamika yang Terkontrol Lagu ini memiliki dinamika yang terkontrol dengan perubahan intensitas yang sesuai dengan emosi dalam lirik. Ini membantu dalam mengkomunikasikan perasaan dari awal hingga akhir lagu.
Baca juga  Game Domino: Mengapa Perlu Dimainkan Bersama Keluarga?

Kesimpulan

Lagu “Photograph” Ed Sheeran adalah sebuah karya seni musik yang menggambarkan kekuatan kenangan dan cinta dalam gambar. Liriknya yang mendalam dan musiknya yang penuh emosi membuat lagu ini menjadi salah satu lagu yang paling diingat dalam karier Sheeran. “Photograph” mengajak pendengar untuk merenung tentang kenangan-kenangan manis dalam hidup mereka dan bagaimana gambar-gambar tersebut dapat menjadi jendela ke masa lalu. Itu adalah pengingat yang indah tentang kekuatan musik untuk mengungkapkan perasaan dan menghubungkan kita dengan kenangan-kenangan yang kita simpan dalam gambar.