Akun Twitter Bill Gates hingga Kim Kardashian Dibajak Pengemis Bitcoin

Akun Twitter sejumlah tokoh terkenal di Amerika Serikat diretas pada Rabu (15/7/2020) kemarin. Beberapa akun yang dibajak antara lain miliki CEO Amazon Jeff Bezos, pendiri Microsoft Bill Gates, kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden, mantan Presiden AS Barack Obama, CEO Tesla Elon Musk, dan akun resmi Apple.

Akun-akun yang dibajak meminta pengikut ( followers ) untuk mengirim bitcoin ke sebuah alamat dan “dijanjikan” akan dikembalikan dua kali lipat.

Saham Twitter langsung anjlok 2 persen di perdagangan berjangka pascapenutupan.

“Kami telah mengetahui adanya insiden keamanan terhadap akun-akun Twitter. Kami sedang menginvestigasi dan mengambil langkah untuk memperbaiki. Kami akan kembali dengan update secepatnya,” kata keterangan resmi Twitter.

Tweet bajakan dari akun Elon Musk langsung dihapus beberapa menit setelah diunggah, tetapi peretas kembali membajak akun Musk dalam hitungan detik, dan kembali dihapus lagi.

Akun lain yang dibajak antara lain mantan Wali Kota New York Mike Bloomberg, rapper Kanye West dan Wiz Khalifa, investor kakap Warren Buffet, artis Kim Kardashian, dan akun korporat Uber.

CEO SocialProof Security Rachel Tobac mengatakan serangan ini adalah yang terbesar terhadap Twitter. “Saya kaget Twitter tidak menutup layanannya sementara untuk mencegah disinformasi dan gejolak politik. Kita beruntung motif peretas hanya bitcoin, bukan kaos dan kerusakan,” kata dia.