Aido Health Luncurkan Layanan Kesehatan Terintegrasi

Untuk membantu pemerintah di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, aplikasi pintar Aido Health jalin kemitraan dengan beberapa fasilitas kesehatan (Faskes) seperti rumah sakit dan klinik guna memfasilitasi para penggunanya untuk memiliki akses ke berbagai layanan kesehatan dengan mudah dan nyaman.

VP Operations and Partnerships Aido Health, Jyoti Nagrani menuturkan, melalui Aido Health, pengguna mendapatkan pelayanan menyeluruh meliputi telekonsultasi dengan dokter spesialis, perawatan kesehatan di rumah, pemeriksaan laboratorium oleh tenaga kesehatan dari rumah sakit dan klinik, pembayaran serta obat-obatan yang dapat diantar ke rumah.

“Pasien dapat memperoleh diagnosa dan resep obat serta kebutuhan medis lainnya tanpa meninggalkan rumah masing-masing dan semua pelayanan ini tercatat dengan baik di rekam medis rumah sakit atau klinik,” kata Jyoti di Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Jyoti mengatakan, aplikasi ini menyediakan informasi kesehatan melalui artikel yang mudah dipahami dan bisa dibaca kapan saja. Artikel kesehatan ini menyajikan saran tentang berbagai topik kesehatan, mulai dari pola makan sehat hingga penanganan penyakit kronis.

“Di platform Aido Health, kami mengintegrasikan layanan kesehatan online dan juga offline melalui mitra kami agar pengguna dan pasien bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan secara menyeluruh. Dengan teknologi yang kami miliki, Aido Health dapat membuat layanan kesehatan lebih mudah dijangkau, khususnya pada masa Covid-19,” tandasnya.

Menurut Jyoti, banyak dari masyarakat Indonesia yang memiliki penyakit kronis membutuhkan dukungan tambahan melalui perawatan kesehatan di rumah. Melalui aplikasi Aido Health, orang sakit maupun keluarganya dapat mengakses layanan homecare dari tenaga medis profesional seperti dokter umum, fisioterapis, maupun perawat.

“Aido Health dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan tercatat sehingga membantu pasien dalam menghadapi tantangan keterbatasan mobilitas,” jelasnya.

Advisor Aido Health, dr Roy Sibarani mengatakan, saat ini terdapat tiga penyakit kronis yang memiliki jumlah pasien terbanyak yaitu strok, penyakit jantung dan diabetes.

“Dengan adanya layanan homecare yang ditawarkan oleh Aido Health, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih nyaman bagi pasien yang memiliki penyakit kronis, karena tenaga kesehatan dari mitra fasilitas kesehatan yang akan mengunjungi rumah pasien dan memberikan pengobatan langsung di tempat,” tandas Roy.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Daeng Faqih, mengatakan, kehadiran aplikasi ini membuat layanan perawatan kesehatan menjadi lebih mudah di akses. Rumah sakit dan klinik dapat menawarkan layanan kesehatan kepada segmen populasi yang jauh lebih besar melalui platform teknologi kesehatan.

“Sebagai pasien di mana pun mereka berada, akses mudah dan rasa nyaman adalah hal yang diperlukan pada saat mengunjungi fasilitas kesehatan,” tegas Daeng Faqih.

Berita terkait: