8 Ciri Kucing Sehat dan Bahagia, dari Mata Melebar hingga Suka Makan

Tak sedikit pemilik kucing yang terus bertanya pada diri sendiri apakah kucingmu sehat dan bahagia. Dianggap sering menyembunyikan suasana hati, bahkan menutupi kondisi kesehatannya, sebenarnya kucing menunjukkan perasaannya lewat bahasa tubuh yang berbeda, seperti berikut ini.

Cerewet 8 ciri kucing sehat dan bahagia dari mata melebar hingga suka makan©Shutterstock

Kucing bisa sangat cerewet, terutama saat bahagia. Selain suka ‘mengobrol’, nada suaranya akan menunjukkan perasaannya. Meong bernada tinggi menandakan kucing yang ceria, sebaliknya nada yang rendah menunjukkan perasaannya yang sedang kesal. Selain itu, anabul mendengkur saat merasa puas, bahagia, dan sehat.

Ekor

Ada banyak hal yang bisa diketahui tentang kucingmu hanya dari ekornya. Saat ekornya diangkat tinggi di udara, itu menunjukkan kepercayaan diri. Begitu juga saat menggerakkan ujung ekornya, yang diartikan anabulmu senang dengan siapa yang ada di sekitarnya.

Mata Melebar 8 ciri kucing sehat dan bahagia dari mata melebar hingga suka makan©Shutterstock

Biasanya terlihat menyipit, tanda kebahagiaan yang bisa ditunjukkan oleh kucing adalah pelebaran mata yang dialkukannya secara tiba-tiba. Sayangnya, tanda ini sering disangka perilaku agresif, padahal yang terjadi justru sebaliknya.

Telinga Menghadap ke Depan

Saat kucing merasa kesal, telinga akan terlihat terlipat ke belakang. Sedangkan telinga kucing yang sedang bahagia akan menghadap ke depan, seolah menunjukkan ketertarikan pada apa yang dilakukan oleh pemiliknya.

Postur Tubuh Santai 8 ciri kucing sehat dan bahagia dari mata melebar hingga suka makan©Shutterstock

Kucing yang mewaspadai lingkungan di sekitarnya akan terlihat melengkungkan punggungnya. Jika sedang santai dan bahagia, postur tubuhnya akan berubah rileks dalam posisi duduk atau tidur, sambil menyelipkan kaki atau cakarnya ke bawah tubuhnya.

Tidak Tidur Sendirian

Kucing dapat tidur di mana saja dan untuk waktu yang lama. Tapi anabul yang merasa bahagia akan tidur di atas pangkuanmu, dengan sesama hewan peliharaan, atau di atas tempat tidurmu untuk menunjukkan hubungan yang baik dengan lingkungannya.

Suka Bermain 8 ciri kucing sehat dan bahagia dari mata melebar hingga suka makan©Shutterstock

Seiring pertambahan usianya, kebiasaan main kucing bisa saja berubah. Tapi semangatnya terlihat saat anabul dalam keadaan sehat dan bahagia, baik saat mengejar mainannya, melompat-lompat, atau bergulat dengan hewan peliharaan lain atau manusia yang disukainya.

Nafsu Makan yang Baik

Kucing yang sehat dan bahagia akan menunjukkan antusiasmenya saat makan. Mulai dengan menggosokkan dirinya ke kakimu hingga memandumu ke tempat dimana wadah makannya diletakkan. Begitu juga mengeong untuk meminta camilan favoritnya, Muezza.

Terdiri dari 4 varian rasa seperti Salmon, Tuna, Ocean Fish, dan Mackerel, cat food ini bukan hanya lezat tapi juga bernutrisi. Melibatkan ahli nutrisi untuk merancang formulasi yang tepat, brand makanan kucing ini menggunakan bahan alami yang diolah dengan teknologi modern. Dijamin bebas dari bahan sintetik yang dapat membahayakan kesehatan anabul, Muezza pun sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

8 ciri kucing sehat dan bahagia dari mata melebar hingga suka makan©Merdeka

Bebas was-was saat terjilat, memegang makanannya, atau membersihkan wadah makannya, saatnya beralih ke Muezza untuk kucing lebih sehat dan bahagia. Caranya mudah, cukup pesan di marketplace langgananmu seperti Shopee dan Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia

Berita terkait: