5 Fakta Kerumunan Warga Sambut Jokowi, Abai Prokes dan Pusingkan Paspampres

– Kunjungan kerja Presiden Jokowi di Nusa tenggara Timur pada Selasa (23/2/2021) ternyata menimbulkan pro kontra publik. Antusiasme warga yang begitu tinggi untuk bertemu dan melihat langsung sosok presiden menimbulkan kerumunan yang dinilai abaikan protokol kesehatan.

Beberapa aksi tak terduga dilakukan warga yang sangat ingin melihat dan menyapa Presiden Jokowi. Paspampres pun dibuat kalang kabut dengan kenekatan para warga yang sangat bersemangat untuk bertemu presiden.

Berikut ini adalah fakta-fakta yang dirangkum seputar kerumunan warga yang sangat antusias menyambut kedatangan Jokowi di NTT.

1. Bagikan kaus hingga masker 

Baca Juga: Jokowi Bagikan Buku hingga Kaus di Kerumunan Warga NTT, Ini Jawaban Istana

Dalam sebuah video yang viral, iring-iringan mobil Presiden Jokowi tampak disambut oleh para warga yang sangat antusias. Membalas antusiasme tersebut, Presiden Jokowi lantas melambaikan tangan dan menebar senyum untuk para warga.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga melakukan kebiasaannya saat menyapa rakyat yaitu membagikan cinderamata. Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi membagi-bagikan kaus, masker, hingga buku pada para warga yang menyambutnya.

2. Dikecam publik

Kunjungan Presiden Jokowi di NTT yang menyebabkan kerumunan ditanggapi negatif oleh beberapa warganet. Mereka mengecam kerumunan tersebut karena dinilai mengabaikan protokol kesehatan yang ditetapkan.

Melansir dari berbagai  platform  media sosial, sebagian besar warganet berkomentar dengan nada mengkritik. Mereka menyayangkan sikap warga dan tim presiden yang dinilai abai dalam menjalankan prokes .

Baca Juga: Disambut Warga Tanpa Prokes, Jokowi Klaim Sudah Ingatkan Pakai Masker

“Aman aja kalau presiden membuat kerumunan. Boro-boro jarak satu meter.. Berhimpitan santai aja.. Korona yang salah,” kata akun @mi***rasya.

“Aduuh protokol kesehatannya gimana itu..,” tutur akun @bu***end.

3. Jokowi ingatkan warga pakai masker

Dalam sebuah keterangan yang disampaikan, Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan kalau Jokowi sudah mengingatkan warga setempat untuk menggunakan masker.

Dijelaskan bahwa saat Presiden Jokowi menyapa warga dari mobil, ia sempat mengingatkan warga agar tak lupa mengenakan masker. Dalam sebuah video, tampak Presiden Jokowi menunjuk masker yang ia pakai sebagai isyarat bagi para warga agar tak lupa memakai masker.

4. Warga coba kejar mobil Jokowi

Dalam sebuah video yang diunggah akun @cetul.22, Rabu (24/2/2021) tampak seorang wanita mengejar mobil presiden. Wanita muda berbaju putih itu tampak berlari melewati beberapa kendaraan yang melintas di jalan sambil mengarahkan hp ke Presiden Jokowi.

Wanita tersebut tampak tak menghiraukan beberapa anggota paspampres yang menghalaunya. Kawalan ketat paspampres pun ia terjang demi mendapat foto Presiden Jokowi.

5. Paspampres kalang kabut

Dalam sebuah video yang diunggah di akun Twitter @Aryprasetyo85, Selasa (23/2/2021) tampak beberapa anggota paspampres lari kalang kabut untuk mengamankan Presiden Jokowi.

Hal itu terjadi karena para warga sekitar yang sangat antusias untuk bertemu dengan Jokowi merangsek mendekat ke arah mantan Wali Kota Solo itu. Akun tersebut juga menjelaskan bahwa sebelumnya Presiden Jokowi menghendaki untuk meninjau lokasi persawahan tanpa kawalan dari Paspampres.

Kunjungan kerja Presiden Jokowi di sejumlah daerah di NTT memiliki beberapa agenda. Di antaranya adalah untuk meninjau lumbung pangan baru atau food estate di Kabupaten Sumba Tengah dan meresmikan Bendungan Napun Gete di kabupaten Sikka.

Berita terkait: