4 Kapal Evakuasi Jenazah Penumpang dan Bagian Sriwijaya Air SJ-182

Empat kapal bersandar ke Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara yang merupakan Posko Terpadu kecelakaan pesawat Sriwijaya Air PK-CLC SJ-182, Kamis (14/1/2021).

Kapal-kapal ini merupakan bagian dari tim SAR gabungan yang di hari keenam masih melakukan pencarian terhadap jenazah korban penumpang, Cockpit Voice Recorder (CVR), material tubuh pesawat terbang, serta barang-barang pribadi milik penumpang.

Kapal Basarnas, KN SAR Karna yang dinakhodai Kapten Sear Tama Sinaga ke Posko Terpadu JICT 2 Tanjung Priok sekitar pukul 16.30 WIB dengan membawa 36 kantong jenazah dan 1 kantong serpihan pesawat Sriwijaya Air.

Tak lama kemudian, pada pukul 17.20 WIB, Kapal Pelatuk dari Polairud yang dinakhodai Ipda Yasser membawa 10 kantong jenazah.

BACA JUGA

Tim DVI Identifikasi 6 Jenazah Penumpang Sriwijaya Air

Ada pula Kapal Bakamla dan Kapal RIB-03 Basarnas merapat ke Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok. Kapal Bakamla membawa 2 kantong sedangkan RIB-03 membawa 16 kantong. Lalu adapula KRI Tjiptadi dengan komandan Letkol TNI (L) Ricki Intriadi merapat pukul 19.00 WIB dengan membawa 2 kantong masing-masing serpihan pesawat dan properti milik korban.

“Selaku SAR Mission Coordinator, kami menerima 2 kantong dari berbagai kapal hari ini, selanjutnya kami serahkan kepada tim DVI dan tim KNKT untuk proses selanjutnya,” ujar Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman, Kamis (14/1/2021) malam di dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.

BACA JUGA

Ayah: Mohon Doa Okky Bisma Wafat Syahid

Sementara itu, Deputi Bidang Sarana Prasarana dan Sistem Komunikasi Basarnas, Marsda TNI Suparmono menyebutkan salah satu kapal yang dapat mempermudah pencarian CVR adalah KN SAR Wisnu.

“Kapal ini dilengkapi dengan peralatan underwater seperti Side Scan Sonar, Multibeam Echosounder , dan Remotely Operated Vehicle (ROV) bergeser menuju Last Know Position (LKP) atau area jatuhnya pesawat. Orientasi kapal ini untuk memperkuat dan mempercepat proses pencarian bersama-sama dengan KRI Rigel dan KR Baruna Jaya IV yang dilengkapi dengan peralatan yang sama,” ujar Suparmono.

Berita terkait: