4 Cara Mudah Buat Anak Jadi Terbiasa Minum Air Putih

Konsumsi makanan dan minuman sehat merupakan suatu hal yang harus diterapkan dan ditanamkan pada anak sejak masih kecil. Salah satunya adalah minum cukup air putih pada anak. Sayangnya, banyak orangtua yang kesulitan dalam membiasakan anak mengonsumsi air putih ini.

Menanamkan kebiasaan kepada anak untuk minum air sesuai kebutuhan setiap hari penting agar anak tetap terhidrasi. Asupan air yang cukup penting untuk kerja tubuh, sebab dehidrasi dapat mengganggu fungsi kognitif.

Psikolog anak Saskhya Aulia Prima menegaskan anak adalah peniru ulung, jadi orangtua harus memulainya dengan memperlihatkan contoh yang baik.

“Orangtua jadi role model,” kata Saskhya di gelar wicara daring bertajuk “Ibu Sehat, Keluarga Sehat”, beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Bila anak sering melihat orangtuanya rutin minum air mineral, mereka pun akan mengikuti kebiasaan itu. Oleh karena itu, contoh dari orangtua ini merupakan hal yang sangat penting.

1 dari 1 halaman

Kedua, orangtua tidak boleh menunggu anak haus sebelum memberikannya air minum. Biasakan memberi secara rutin seperti setiap bangun tidur agar anak terbiasa minum meski kerongkongnnya tak terasa kering.

Ketiga, sediakan botol atau gelas minum yang menarik secara visual. Beri tempelan stiker lucu dengan gambar kesukaan buah hati, atau cari gelas dan botol warna-warni berhias kartun favorit anak.

Lalu, letakkan gelas atau botol di tempat yang dijangkau anak. Buah hati, apalagi balita yang sudah bisa menggapai barang, bisa belajar untuk minum sendiri bila botol air diletakkan di tempat yang mudah diraih. Jangan lupa memberi pujian kepada anak bila mereka berhasil minum sendiri tanpa harus diperintah.

Sejumlah cara tersebut bisa diterapkan dengan mudah untuk membuat anak jadi terbiasa minum air putih. Kebutuhan air anak yang tercukupi bisa sangat membantu menjaga kesehatan dan pertumbuhan mereka. [RWP]

Baca juga:
Penyebab terjadinya Rasa Sakit Menusuk di Perut atau ‘Suduken’ ketika Berlari
Perlukah Mandi Setiap Sampai Rumah Walau Hanya Pergi Sebentar?
Cegah Hilangnya Nutrisi dari Sayur, Ini Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memotongnya
Cukupkah Berenang dan Olahraga untuk Buat Anak Jadi Lebih Tinggi?

Berita terkait: