Published On: Jum, Sep 13th, 2019

Warga Hong Kong Siap-siap Imigrasi Meninggalkan Kota

Share This
Tags
Eksodus warga Hong Kong ke luar kota – Foto: Istimewa

HONG KONG,IJN.CO.ID – Buntut aksi protes warga Hong Kong dan belum ada tanda-tanda resolusi, memicu eksodus warga meninggalkan Hong Kong.

Jumlah penduduk Hong Kong yang ingin meninggalkan kota tersebut tercermin dari pengajuan paspor dan wawancara dengan warga lokal serta agen-agen migrasi dan broker real estate global. 

Di Selandia Baru, jumlah aplikasi visa izin tinggal dari Hong Kong meningkat sebanyak 34 paspor pada Juni dan 44 paspor pada Juli. Sebelumnya, rata-rata permintaan visa izin tinggal hanya sebanyak 29 paspor. 

Sementara itu, otoritas di Malaysia, Australia dan Taiwan telah melaporkan kenaikan jumlah permintaan izin migrasi. Bahkan, agen properti di Melbourne dan Vancouver banyak menerima telepon dari warga Hong Kong. 

Data Lembaga Imigrasi Taiwan menunjukkan visa yang dikeluarkan untuk warga Hong Kong di Taiwan pada Juni dan Juli lalu tercatat mencapai 884 visa atau meningkat 38 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. 

Seperti diketahui, aksi protes warga Hong Kong meluas selama musim panas sehingga memicu ratusan ribu warga turun ke jalan dan menyerukan suara mereka, ternyata sebagian warga Hong Kong mulai mencari tempat berlindung yang aman.

Alhasil, tidak hanya modal asing yang lari dari Hong Kong, warga setempat pun mulai mencari cara untuk kabur dari negara tersebut. Demikian dilansir dari situs Kabar24. (jef)