Published On: Rab, Mar 18th, 2020

Respon Situasi COVID-19, Ruangguru Buka Sekolah Online Ruangguru Gratis

Share This
Tags

JAKARTA,  IJN.CO.ID – Ruangguru sangat khawatir terhadap wabah covid 19 yang menyebabkan banyak sekolah yang ditutup. Oleh sebab itu Ruangguru sebagai aplikasi belajar terbesar di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan dibukanya Sekolah Online Ruangguru Gratis melalui aplikasi Ruangguru.Kami berpikir untuk membuat sekolah online gratis dimulai hari Senin 16 Maret 2020 dari jam 8 pagi sampai jam 12 siang dengan 15 kanal paralel yang disiapkan dengan jadwal yang berbeda setiap harinya. Yang menyampaikan materi pembelajaran adalah guru-guru terbaik yang dimiliki Ruangguru. 

“Hadirnya Sekolah Online Ruangguru Gratis merupakan bentuk kepedulian kami terhadap keselamatan dan kesehatan jutaan guru, siswa dan keluarga, serta upaya kami untuk memastikan bahwa akses terhadap pendidikan tetap terbuka bagi seluruh siswa di Indonesia, di mana pun dan kapan pun,” ucap Pendiri dan Direktur Utama Belva Devara di Hotel Morrisey Jakarta,  Senin,  (16/03/2020)

“Melalui program Sekolah Online Ruangguru Gratis, para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa, di aplikasi Ruangguru. di mana telah tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), siswa juga dapat mengajukan pertanyaan serta berdiskusi bersama pelajar lain melalui fitur live chat”, ujar Pendiri dan Direktur Produk & Kerjasama, Iman Usman.  

Program ini gratis dan belum ditentukan sampai kapan batas waktunya. Kami berharap siswa yang belajar di rumah tetap semangat untuk belajar. Kami juga bekerjasama dengan telkomsel untuk memberikan 30GB kuota gratis untuk mengakses ruangguru dan dapat belajar online selama 30 hari.
“Kami telah mempersiapkan untuk dapat menghandle hingga 4 juta users sekaligus setiap harinya, dan hari inipun tadi pagi sudah ratusan ribu yang mengakses live streaming sekolah online masiv di aplikasi ruanguru, dengan stabil, aman dan lancar”, ujar Iman Usman.

“Bagi pengguna TELKOMSEL bisa langsung mendownload aplikasi My Telkomsel app, dan melihat di homepage aplikasi ruangguru dan langsung mendapatkan 30GB secara gratis”, tambah Belva.

Para siswa yang belum dapat mengikuti sesi di pagi hari dapat juga mengakses rekaman Sekolah Online yang dapat diakses pada hari yang sama setelah pukul 12.00 WIB. Selain fasilitas live teaching, para siswa dapat terus melatih pemahamannya melalui fitur Bank Soal dan Online Tryout secara gratis.

Selain program bagi siswa, para guru juga bisa meningkatkan kapasitasnya dalam mengajar melalui program Pelatihan Guru Online yang tersedia di aplikasi Ruangguru, gratis selama 1 bulan kedepan. Terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang mencakup materi-materi kompetensi dasar di bidang pedagogik dan profesional, seperti kemampuan manajemen kelas, pengembangan rencana belajar, implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan lainnya.

Direktur Telkomsel Setyanto Hantoroyang dihubungi melalui teleconference mengatakan “Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan dalam menghadapi Covid 19. Social Distancing adalah salah satu cara untuk mencegah virus ini semakin meluas. Telkomsel dalam hal ini ikut serta dalam mencegah meluasnya penyebaran virus Covid 19.

Oleh sebab itu Telkomsel ikut bergotong royong dengan semua pemangku kepentingan dalam hal ini dengan ruang guru, kami menyediakan 30 GB untuk 30 hari mengakses ruang guru. Kami berharap proses belajar mengajar tetap berjalan dengan baik tanpa hambatan”.  

“Kami juga sebagai penyedia jasa telah mengantisipasi terjadinya lonjakan agar tetap stabil dan ruanguru dapat diakses dengan nyaman. Telkomsel dan ruang guru mengajak kita semua bekerja sama untuk mencegah penyebaran virus Covid 19. Semoga kolaborasi yang telah kita lakukan ini berjalan baik dan bermanfaat bagi kita semua”, pungkasnya. (fidel)