Published On: Jum, Apr 26th, 2019

Pengprov NTB Siap Sukseskan PTQ RRI Dengan Thema ‘Religi dan Wisata’

Share This
Tags

JAKARTA,IJN.CO.ID- Pasca dilanda gempa yang melanda di beberapa tempat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) terus melakukan terobosan untuk kembali bangkit pariwisata. 

Salah satu terobosan Pemprov NTB dengan menggandeng Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) dan Kementerian Pariwisata lewat penyelenggaraan Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) yang bertajuk “Tahun Emas PTQ Nasional” di Mataram, 17-21 Mei 2019. 

Dalam Peluncuran Pesona Khasanah Ramadhan dan PTQ Nasional ke-50, Lalu Fauzal selaku Kepala Dinas Pariwisata Pemprov NTB mengharapkan, kegiatan ini akan dapat meningkatkan kunjungan pariwisata ke Mataram khususnya, dan wilayah NTB pada umumnya.

Diakui Lalu Fauzal, adanya bencana gempa Lombok memang sempat membuat lumpuh ekonomi dan pariwisata. Namun, kondisi tersebut perlahan sudah mulai membaik.

“Saya yakin bukan hanya peserta yang datang menghadiri PTQ tetapi juga ada wisatawan yang ingin menikmati wisata religius pada bulan Ramadhan bertepatan dengan pelaksanaan PTQ,” ungkap Lalu Fauzal yang didampingi Kepala Biro Kesra NTB,  Mashuri saat jumpa pers di Gedung LPP RRI Jakarta, Kamis, 25 April 2019. 

Untuk lebih menyemarakkan Tahun Emas PTQ Nasional, kata Fauzal, sebanyak 350 peserta akan disambut dengan acara kebudayaan. “Seluruh peserta akan dijemput dengan andong yang merupakan kendaraan tradisional pada saat datang ke bumi Mataram,” katanya. 

Dia juga menjelaskan kondisi terkini Lombok sudah aman bagi wisatawan untul menikmati destinasi dan wisata kuliner halal. “Selain puncak kegiatan lomba PTQ, NTB juga akan menggelar berbagai kegiatan rakyat untuk menyambut bulan Ramadhan 1440H. Dengan kegiatan tersebut, perayaan PTQ ke 50 semakin meriah dan pesan yang ingin disampaikan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat NTB dan pendengar RRI di seluruh dunia,” ujarnya lagi.

Ketua Panitia Tahun Emas PTQ, Atik Hindari mengatakan, sebanyak  65 Satuan Kerja RRI (Satker) diberbagai daerah secara serentak akan menggelar babak kualifikasi yang yang akan dimulai tanggal 11 Mei 2919 (6 Ramadhan 1440 H). 

“Seperti tahun sebelumnya PTQ akan melombakan 3 katagori  yaitu  Tilawah, Tausiah dan Hafalan Qur’an masing-masing untuk putra dan putri. Pemenang masing-masing katagori akan lolos akan bersaing di babak final yang berlangsung di Mataram NTB, dan peserta yang berhasil lolos ke final (tingkat nasional) akan ditanggung biaya penginapan dan tiket perjalanan oleh panitia”, ujar Atik Hindari. 

Sementara itu Direktur Layanan dan Pengambangan Usaha LPP RRI, Godlief Richard Poyk menyatakan, Tahun Emas PTQ Nasional ini merupakan kerja nyata LPP RRI dalam memenuhi keinginan publik dan dalam upaya mengisi masa bulan suci Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan keagamaan.

Pelaksanaan  Final Tahun Emas PTQ yang mengusung tema “Baldatun Thayyibatun Wa Robbun Ghafur” (Negri Subur Makmur Adil Aman) juga ditandai dengan sejumlah kegiatan lainnya diantaranya Karnaval Ta’aruf, seminar dan tausiah dari seorang penceramah. (jef)