Ternyata, Pelaku Pencucian Uang Kerap Terciduk Bawa Uang Tunai Lewat 3 Bandara ini

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati , mengungkapkan terdapat tiga wilayah paling berisiko dalam pembawaan uang tunai lintas batas hasil tindak pidana pencucian uang (TPPU). Pertama yakni Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe C Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) di Tangerang.

Kedua, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali. Terakhir, KPU BC Tipe B Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

“Saat ini, Bea Cukai sudah pertukaran data dengan PPATK, Ditjen Dukcapil, Ditjen Imigrasi, Bank Indonesia, dan DJP (Direktorat Jenderal Pajak),” ujar Menteri Sri Mulyani dalam acara Koordinasi Tahunan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) secara virtual, Kamis (14/1).

Maka dari itu, di ketiga tempat tersebut, pemerintah menerapkan passenger risk management sebagai pengawasan cross border cash carrying dan pertukaran data.

Cerita Sri Mulyani Ikut Tangkap Pelaku TPPU

mulyani ikut tangkap pelaku tppu

Menteri Sri Mulyani juga menceritakan pengalamannya yang sempat mendapati pelaku pencucian uang ( money laundering ) yang kedapatan menaruh uang haram dalam sebuah koper di sebuah bandara. Namun, tak dijelaskan secara detil di bandara mana penangkapan tersebut dilakukan.

Menteri Sri Mulyani mengatakan, tersangka berinisial NL tersebut merupakan seorang pemilik tempat penukaran uang atau money changer yang membawa uang tunai senilai Rp 23,4 miliar.

“Beberapa story success kami, penumpang inisial NL merupakan pemilik money changer . Jumlah uangnya Rp 23,4 miliar yang disita dengan modus disembunyikan di koper,” terangnya.

Penangkapan tersebut lantas ditindaklanjuti dengan berkoordinasi bersama PPATK dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Karena diduga money changer tersebut terkait dengan tindak pidana pencucian uang,” sambung Menteri Sri Mulyani.

Baca juga:
Patroli Laut Bea Cukai Bantu Pencarian Korban Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182
CEK FAKTA: Waspada Lelang Barang Mengatasnamakan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai
Sepanjang 2020, 972 Bungkus Rokok Ilegal Diamankan di Ternate
Waspada, Begini Modus Penipuan Lelang Barang Sitaan Bea Cukai
Pemerintah akan Bangun Kantor Bea Cukai Khusus di Pelabuhan Patimban
Rokok Hingga Mainan Seks Ilegal Dimusnahkan Bea Cukai Jabar
Tembakau dan Cairan Rokok Elektrik Ilegal di Bogor Senilai Rp5 Miliar Dimusnahkan

Berita terkait: