Tandang ke Atalanta, Kekuatan Real Madrid Pincang

– Real Madrid memang diunggulkan dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Atalanta, Rabu (24/2/2021) atau Kamis dini hari mulai pukul 03.00 WIB. Namun pelatih Zinedine Zidane harus memutar otak untuk menyusun formasi terbaik tanpa beberapa pemain utama.

Ya, Real Madrid tandang ke markas Atalanta dalam kondisi pincang. Mereka datang ke Stadion Gewiss hanya “berbekal” 11 pemain senior yang kondisinya bugar.

Di lini depan misalnya, Los Merengues bakal turun tanpa striker andalan, Karim Benzema. Penyerang Eden Hazard juga sudah lama absen akibat cedera.

Tiga punggawa di lini belakang yakni Sergio Ramos, Marcelo, dan Dani Carvajal juga tak mungkin diturunkan akibat cedera. Beberapa pemain lain juga dipastikan absen karena masalah serupa yakni Federico Valverde, Rodrygo Goes, Alvaro Odriozola, dan Eder Militao.

BACA JUGA

Real Madrid ke Atalanta, Hanya 11 Pemain Utama Bugar

Zidane kemungkinan besar menampilkan Mariano untuk menggantikan peran Benzema di lini depan. Pemain berkebangsaan Republik Dominika ini akan didampingi Marco Asensio dan Vinicius Junior.

Satu-satunya barisan yang lengkap di Real Madrid adalah lini tengah. Lini vital ini akan diisi Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos.
Absennya Sergio Ramos di jantung lini tengah akan ditambal oleh Nacho. Dia bakal berduet dengan Raphael Varane menggalang lini belakang. Duet ini akan didampingi Lucas Vazquez dan Ferland Mendy, yang akan menggantikan peran Marcelo sebagai bek kiri.

Kendati banyak pemain utama absen, Zinedine Zidane, menegaskan timnya datang ke Atalanta dengan target meraih kemenangan. Dia yakin pemain yang ada bisa menggantikan peran mereka yang absen.

“Semua pemain penting dan setiap pelatih memiliki sumber dayanya. Kami tahu kekuatan kami dan akan berusaha memanfaatkannya sebaik mungkin. Kami mempersiapkan pertandingan dengan para pemain ini dan akan pergi ke sana dengan sikap kami yang biasa. Saya tidak akan puas dengan hasil imbang, kami bermain untuk menang.”

BACA JUGA

Zidane Tak Akan Mainkan Karim Benzema Lawan Atalanta

Sementara kekuatan kubu Atalanta nyaris lengkap. Hanya satu pemain yang tak mungkin tampil yakni Hans Hateboer.
Namun dua pemain belakang, Cristian Romero dan Berat Djimsiti, bakal absen pada leg kedua, jika mendapat kartu kuning dalam partai di Bergamo ini.

Atalanta akan tampil dengan formasi 3-4-1-2 atau 3-4-2-1 melawan Madrid. Bintang tim sebelumnya, Papu Gomez, dijual ke Sevilla pada Januari. Di lini depan, duet sesama Kolombia, Duvan Zapata dan Luis Muriel, akan menjadi andalan untuk mendobrak lini pertahanan tim tamu.

Pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini, sangat antusias menyambut pertandingan ini. Atalanta, yang bagaikan anak kemarin sore di Liga Champions, bakal bertemu Real Madrid, raksasa kejuaraan antarklub paling bergengsi di Eropa ini.

Menurut Gasperini, Real Madrid, tetaplah tim tangguh meski tanpa beberapa pemain utamanya.

“Real adalah tim paling sukses di dunia, mereka memiliki lebih banyak pendapatan dan ketenaran,” katanya. “Bagi Atalanta, suatu kebanggaan bisa bertemu klub seperti itu. Kami harus fokus memikirkan pertandingan,” ungkap Gaperini.

“Mereka sudah terbiasa bermain di kompetisi ini dan mereka tetap sangat berbahaya meski tanpa beberapa pemain inti,” kata Gasperini.

Namun mantan pelatih Genoa ini mengungkapkan kurangnya pengalaman pasukannya bermain di Liga Champions justru bisa pemicu motivasi mereka. Apalagi yang dihadapi adalah Real Madrid.
“Bagi kami, ini tetap sebuah pertandingan yang menantang. Kami memang kurang memiliki pengalaman namun mempunyai lebih banyak motivasi.”

BACA JUGA

Barcelona Ditahan Imbang Cadiz di Camp Nou

Atalanta memiliki kemampuan untuk mengecewakan siapa pun jika sedang menemukan harinya, termasuk saat melawan Real Madrid nanti. Pasukan Gian Piero Gasperini harus merasa optimistis dengan peluang ketika melawan Real Madrid nanti mengingat performa mereka musim ini dan banyaknya pemain Real Madrid yang absen.

Klub Serie A itu mengalahkan Napoli 4-2 pada akhir pekan. Berarti mereka sudah menang dua kali atas Napoli bulan ini.

Real Madrid telah memenangkan empat kemenangan berturut-turut, dengan Luka Modric, Toni Kroos dan Casemiro benar-benar membawa mereka kembali ke perburuan gelar di La Liga. Mereka hampir tersingkir dari penyisihan grup Liga Champions pada bulan Desember dan hanya memenangkan satu dari tiga pertandingan tandang.

Atalanta hanya kalah satu kali dari 11 pertandingan kandang terakhir mereka, serta menang delapan kali dalam periode itu. Tim berjulukan Oribici ini telah mencetak setidaknya 3 gol dalam sembilan pertandingan pada periode tersebut.

Tidak mengherankan jika mereka bisa membuat Madrid kecewa dalam partai 16 besar leg pertama ini. Kemungkinan tuan rumah memetik kemenangan juga bukan hal yang mustahil.

Kemungkinan Susunan Pemain
Atalanta (3-4-1-2)
Kiper: Pierluigi Gollini
Belakang: Rafael Tolói, Christian Romero, Berat Djimsiti
Tengah: Joakim Maehle, Marten De Roon, Remo Freuler, Robin Gosens
Depan: Josip Ilicic
Depan: Duvan Zapata, Luis Muriel
Pelatih: Gian Piero Gasperini

Real Madrid 4-3-3
Kiper: Thibaut Courtois
Belakang: Lucas Vazquez, Raphael Varane, Nacho, Ferland Mendy
Tengah: Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos
Depan: Marco Asensio, Mariano, Vinicius Junior
Pelatih: Zinedine Zidane

Lima Pertandingan Terakhir Atalanta
04/02/21 Piala Italia Napoli 0-0 Atalanta
06/02/21 Serie A Atalanta 3-3 Torino
11/02/21 Piala Italia Atalanta 3-1 Napoli
14/02/21 Serie A Cagliari 0-1 Atalanta
22/02/21 Serie A Atalanta 4-2 Napoli

Lima Pertandingan Terakhir Real Madrid
30/01/21 La Liga Real Madrid 1-2 Levante
06/02/21 La Liga Huesca 1-2 Real Madrid
10/02/21 La Liga Real Madrid 2-0 Getafe
14/02/21 La Liga Real Madrid 2-0 Valencia
21/02/21 La Liga Real Valladolid 0-1 Real Madrid

Head to Head
Atalanta dan Real Madrid belum pernah bertemu sebelumnya.

Berita terkait: