Pelanggaran-pelanggaran Ini Jadi Prioritas Ditindak saat Operasi Patuh Jaya

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, bakal menggelar Operasi Kepolisian Patuh Jaya selama 14 hari mulai tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus 2020 mendatang. Pelanggaran lawan arus, tidak pakai helm, marka jalan, dan masuk jalur busway menjadi prioritas penindakan, di Ibu Kota Jakarta.

“Jadi sasarannya ada beberapa pelanggaran-pelanggaran yang kita prioritaskan di operasi ini, ada 15 jenis pelanggaran. Tapi melihat dari masing-masing kriteria wilayah masing-masing. Contoh Jakarta ada empat kegiatannya, pertama melawan arus, kedua penggunaan helm, ketiga itu pelanggaran di busway, dan satu lagi marka jalan. Ada empat skala prioritas selama 14 hari,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, di Jakarta, Senin (20/7/2020). 

Dikatakan Yusri, tujuan Operasi Patuh Jaya untuk mengingatkan masyarakat agar mentaati peraturan lalu lintas di masa pandemi Covid-19.

“Makanya tilang sudah diberlakukan, kita sudah berlakukan dan sudah dilakukan sosialisasi kurang lebih hampir dua minggu kemarin. Tetapi untuk ganjil genap masih belum diberlakukan selama masa pandemi ini. Kita masih melihat situasional yang ada. Sekali lagi ganjil genap masih belum dilakukan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Operasi Patuh Jaya, Polda Metro Uji Coba 45 Kamera ETLE

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo mengatakan, selain pelanggaran lalu lintas, polisi juga akan menyasar pengendara yang tidak menjalankan protokol kesehatan.

“Operasi Patuh Jaya juga ditujukan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan,” katanya.

Menurut Sambodo, polisi tidak melakukan tindakan tilang kepada pelanggar protokol kesehatan, namun memberikan teguran. “Pelanggaran protokol kesehatan bukan pelanggaran lalu lintas, jadi tidak akan ditilang tetapi akan kita tegur dan ditindak dengan Peraturan Gubernur yang sudah ada seperti kerja sosial dan lain-lain,” jelasnya.

Berita terkait: