Moderna Pasok 125 Juta Dosis Vaksin Covid-19 pada Kuartal I

Perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat (AS) Moderna Inc mengatakan pada Kamis (3/12/2020) bahwa perusahaan akan menyediakan sekitar 100 juta hingga 125 juta dosis vaksin Covid-19 secara global pada kuartal pertama 2021.

Perusahaan mengatakan 85 juta hingga 100 juta dari dosis tersebut akan tersedia di AS, dan 15 juta hingga 25 juta tersedia di luar negeri. “Perusahaan akan memproduksi sekitar 500 juta hingga 1 miliar dosis secara global sepanjang 2021,” kata Moderna.

Hasil uji coba tahap awal menunjukkan bahwa vaksin, mRNA-1273, menghasilkan antibodi pengikat dan penetral tingkat tinggi yang sedikit menurun dari waktu ke waktu. “Namun tetap meningkat pada semua peserta dalam tiga bulan setelah vaksinasi booster, ” kata perusahaan itu.

BACA JUGA

Moderna Ajukan Izin Pakai Darurat di AS dan Eropa

Moderna menambahkan bahwa tidak ada masalah keamanan serius yang teridentifikasi hingga saat ini. Vaksin secara umum dapat ditoleransi dengan baik.

Moderna sebelumnya meminta Otorisasi Penggunaan Darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dan persetujuan bersyarat dari European Medicines Agency (EMA).

Pengajuan tersebut menetapkan produk Moderna menjadi vaksin kedua yang kemungkinan menerima otorisasi penggunaan darurat AS tahun ini setelah Pfizer-Biontech.

Berita terkait: