Hati-hati, Remaja Ini Alami Jari Bengkak Akibat Terimpit Cincin

Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Barat, menyelamatkan seorang remaja bernama Heriyanto (16), yang mengalami luka bengkak di jari akibat terimpit cincin, di Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat.

“Obyek penanganan penyelamatan atau melepaskan cincin di jari tangan. Pelapor datang ke kantor Sektor VII Cengkareng,” ujar Kepala Seksi Pengendali Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Eko Sumarno, Senin (27/7/2020).

Dikatakan Eko, korban Heriyanto bersama orang tuanya bernama Syarifudin datang ke kantor Sektor VII Cengkareng, dengan keluhan cincin yang melingkar di jari telunjuk tangan kirinya tidak bisa terlepas, menggambat aliran darah, sehingga mengalami bengkak.

“Yang bersangkutan sudah tiga hari merasakan bengkak di jari tangannya, dikarenakan memakai cincin. Oleh orang tuanya diantar ke Puskesmas Cengkareng. Kemudian, dari sana disarankan untuk minta tolong kepada pemadam kebakaran terdekat untuk melepaskan cincin di jari tangannya,” ungkapnya.

Eko menyampaikan, proses pemotongan cincin yang dilakukan menggunakan mesin gerinda berlangsung sekitar 15 hingga 30 menit.

“Korban dan orang tuanya datang sekitar pukul 08.00 dan selesai penyelamatan pukul 08.30 WIB. Proses berlangsung aman,” katanya.

Berita terkait: