Faskes di Depok Hari Ini Akan Teriima Vaksin Covid

Vaksin Sinovac yang sudah tiba di Gudang Farmasi Balai Kota Depok, Jawa Barat belum terdistribusikan ke sejumlah fasilitas layanan kesehatan. Puskesmas Pancoran Mas mengaku belum menerima vaksin Sinovac. Demikian pula dengan RSUD Kota Depok.

Kepala Puskesmas Pancoran Mas dr Sih Mahayanti menuturkan bahwa vaksin diperkirakan baru akan tiba hari ini (Kamis/14/1/2021). “Vaksin di Puskesmas Pancoran Mas belum sampai kemungkinan besok ya. Pelaksanaan vaksinasi untuk para tenaga kesehatan kami akan digelar Jumat (15/1/2020),” ujar Sih di Depok, Jawa Barat, Rabu (13/1/2021).

Meski demikian, Sih menuturkan, Puskesmas Pancoran Mas telah menyiapkan segenap fasilitas sarana vaksinasi. Mulai dari meja sebanyak empat buah, petugas vaksinator dan juga ruangan untuk menunggu jeda selama 30 menit untuk melihat apakah ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) ataukah tidak.

BACA JUGA

Bansos Tunai Mulai Turun di Depok

“Petugas vaksinator yang menyuntik ada empat orang. Ini diluar jumlah petugas yang bertugas di empat meja kegiatan vaksinasi,” tutur Sih.

Terkait berapa jumlah tenaga kesehatan yang akan divaksin di puskesmas ini, Sih menuturkan bahwa hal tersebut belum bisa diketahui karena belum dapat dilihat di aplikasi PCare yakni aplikasi yang dapat memantau jumlah tenaga kesehatan yang akan mendapatkan vaksin di Kota Depok.

“Mungkin H-1 penyuntikan baru bisa kami lihat di data PCare,” kata Sih.

Sementara itu, di RSUD Kota Depok, vaksin juga belum tiba. Namun demikian, Direktur Utama RSUD Kota Depok Devi Maryori menuturkan, jadwal vaksinasi bagi tenaga kesehatan di RSUD Kota Depok baru akan dilakukan pada Senin, Selasa dan Rabu pekan depan yakni tanggal 18,19, 20 Januari 2021.

“Vaksin masih ada di Dinas Kesehatan. RSUD sudah ada jadwalnya sendiri ya. Jadi belum besok divaksinnya,” ujar Devi.

BACA JUGA

RSUI Kembali Tambah Ruang Isolasi Tangani Covid-19

Terkait jumlah nakes yang akan divaksin di RSUD Kota Depok, dikatakan Devi, hal ini baru bisa diketahui setelah para nakes melakukan daftar ulang usai menerima SMS pemberitahuan vaksinasi.

“Nanti nama-namanya dikirim dari Pemprov Jawa Barat. Saya tadi sudah daftar ulang tapi belum berhasil. Besok akan saya coba lagi,” tutur Devi.

Berita terkait: