Ditpolair Polda Metro Amankan Perompak Kapal Nelayan

Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara Polda Metro Jaya mengamankan satu kelompok perompak spesialis kapal cumi nelayan Teluk Jakarta pada Minggu (19/7/2020).

Empat pelaku yang diamankan dalam kelompok perompak ini yakni Bombon (22), Baharudin (38), Supriyadi (30), dan Kuru (42). Mereka merompak tidak hanya di perairan Jakarta namun hingga Bangka Belitung dan Kalimantan.

“Kami mengamankan kelompok yang melakukan pencurian muatan kapal nelayan dengan kekerasan atau perompak kemarin di Pulau Sabira,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Senin (20/7/2020).

Barang bukti yang diamankan kepolisian yakni kapal ikan, pass kecil atas nama KM Bone Raya, cumi hasil perampok seberat 7 kuintal ikan jenis cumi, airsoft gun , badik, dan sejumlah jeriken berisi BBM.

“Mereka sudah melakukan aksinya selama dua tahun terakhir dengan terorganisasi baik. Kita mengetahui mereka ada empat kelompok dan memiliki penadah di Bangka Belitung,” tambah Yusri Yunus.

Dalam aksinya, para pelaku memberhentikan kapal-kapal nelayan, baik ikan, cumi, maupun uang dengan ancaman senjata api dan senjata tajam. Salah satu nelayan, Wahidin mengaku sudah dua kali dimintai oleh kelompok pelaku selama setengah bulan terakhir.

“Kami masih melakukan pengejaran terhadap 3 kelompok lainnya (1 kelompok 4 orang) dan penadah hasil ikan curian mereka, serta pimpinan mereka yang sedang kita kembangkan,” tandas Yusri Yunus.

Atas tindakannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 365 Junto Pasal 368 KUHP Junto UU Darurat dengan ancaman hukuman di atas 8 tahun penjara. 

Berita terkait: