Deretan Wanita Terkaya di Dunia pada 2021 Versi Forbes

Pandemi Covid-19 memukul miliaran orang di seluruh dunia. Meski demikian, masih ada beberapa orang justru semakin kaya dan sejahtera bahkan di tengah pandemi sekalipun. Seperti daftar wanita terkaya di dunia tahun 2021 yang disusun Forbes.

Ternyata, meskipun saham mereka beberapa kali rontok, mereka tetap bisa mempertahankan titel sebagai wanita terkaya di dunia, dengan gurita bisnis yang juga masih berjalan dengan baik hingga kini.

Berikut daftar wanita terkaya di dunia di 2021 versi Forbes.

1. Francoise Bettencourt Meyers dan keluarga

Bettencourt Meyers mewarisi kekayaannya dari ibunya, Liliane Bettencourt. Kakek Meyers, Eugene Schueller, ialah pendiri L’Oreal, salah satu brand kosmetik terkemuka dunia. Tahun 2020, penjualan L’Oreal mencapai USD 33,6 miliar, meskipun keuntungan perusahaan turun 6 persen karena menurunnya minat konsumen menggunakan make up selama pandemi. Kendati, saham perusahaan masih naik 38 persen dan membuat wanita dengan kekayaan USD 73,6 miliar ini menjadi wanita terkaya nomor 1 di dunia.

2. Alice Walton

Anak perempuan dari Sam Walton ini turun peringkat sebagai wanita terkaya di dunia, namun tetap memperoleh keuntungan USD 7,4 miliar di tahun 2020 berkat jaringan ritel kelolaannya, Walmart. Saham Walmart juga naik 5 persen di tahun 2020. Kekayaan Walton tercatat sebesar USD 61,8 miliar.

3. MacKenzie Scott

Mantan istri pendiri Amazon, Jeff Bezos ini ‘ketiban durian runtuh’ gegara perceraiannya dengan mantan suami. Bezos, secara aturan hukum, diharuskan memberi mantan istrinya beberapa porsi kekayaannya, menjadikan MacKenzie wanita kaya yang berharta USD 53 miliar.

4. Julia Koch dan keluarga

Julia dan anak-anaknya mendapat saham bisnis keluarga, Koch Industries, sebesar 42 persen setelah perceraiannya dengan mantan suami, David Koch. Sekarang, Julia duduk di kursi direksi Koch Industries. Hartanya USD 46,4 miliar.

deretan wanita terkaya di dunia pada 2021 versi forbes

5. Miriam Adelson

Adelson mengelola 56 persen saham operator kasiona, Las Vegas Sands, yang merupakan bisnis keluarganya. Perusahaan diketahui rugi USD 985 miliar di kuartal ke-2 tahun 2020, karena adanya pandemi. Saat ini, Adelson berharta USD 38,2 miliar.

6. Jacqueline Mars

Jacqueline dan saudaranya, John Mars mengelola perusahaan makanan olahan seperti permen cokelat M&M’s, Skittles dan makanan binatang peliharaan. Kekayaannya Jacqueline mencapai USD 31,3 miliar kini.

7. Yang Huiyan dan keluarga

Yang Huiyan memiliki saham real estate Country Garden Holdings sebesar 58 persen. Perusahaannya diketahui mengalami penurunan saham hampir 14 persen gegara pandemi. Kendati, Huiyan tetap mengantongi harta sebanyak USD 29,6 miliar.

8. Susanne Klatten

Kenaikan penjualan mobil membuat kekayaan pewaris pabrikan mobil mewah BMW ini naik hingga USD 10,9 miliar. Saham BMW tercatat naik hingga 93 persen sejak pertengahan Maret 2020. Kini, Susanne punya kekayaan USD 27,7 miliar.

9. Gina Rinehart

Rinehart menjadi orang terkaya di Australia berkat usaha pertambangan dan agrikulturnya, Hancock Prospecting Group. Perusahaan ini didirikan oleh ayahnya di tahun 1992. Meski pandemi membuat saham perusahaan turun, namun kekayaan Rinehart tercatat berada di angka USD 23,6 miliar.

10. Iris Fontbona dan keluarga

Fontbona bergabung di daftar wanita terkaya di dunia meskipun kekayaannya turun menjadi USD 23,3 miliar. Miliarder asal Chile ini mengelola perusahaan pertambangan Antofagasta, bersama anaknya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Daftar 4 Orang Terkaya Dunia Berharta Lebih dari Rp1.400 Triliun
Kekayaan Pecah Rekor, Ini Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya Dunia
Rahasia Tipe Pegawai yang Selalu Menjadi Incaran Perusahaan
Jadi Bos Perusahaan Judi Online, Wanita Ini Kantongi Gaji Rp9,4 Triliun Setahun
Ma Huateng Kembali Jadi Orang Terkaya di China, Hartanya Capai Rp921 T

Berita terkait: