Begini Cara Menjaga Olahraga bagi Mereka yang Berusia di Atas 50 Tahun

Berolahraga dan menjaga kebugaran merupakan salah satu hal yang penting untuk terus dilakukan. Hal ini penting dilakukan oleh siapa pun pada usia berapa pun.

Mereka yang sudah berusia di atas 50 tahun dan lansia perlu tetap melakukan aktivitas fisik termasuk olahraga walau di tengah pandemi COVID-19 demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, sebelum memutuskan jenis aktivitas dan intensitasnya, ahli kardiovaskular, dr. Gusti Rizky Teguh Ryanto menyarankan para senior berkonsultasi dengan dokter dan menjalani skrining kesehatan.

“Sudah muncul faktor risiko berbagai penyakit seperti kardiovaskular. Pertama sebelum dilakukan konsultasi ke dokter, kalau bisa skrining dulu penyakit semisal jantung, gula darah, diabetes,” kata dia dalam wawancara bersama media secara daring beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Menurut Rizky, rekomendasi aktivitas akan tergantung pada individu masing-masing dengan durasi minimal 150 menit dalam seminggu dengan intensitas sedang atau 75 menit intensitas tinggi per minggu. Olahraga tersebut sebaiknya dibagi ke dalam beberapa sesi dalam seminggu untuk capai target.

Pembagian Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Untuk pembagian aktivitas misalnya, jalan kaki selama 30 menit pada Senin, Selasa dan Jumat, lalu pada Rabu dan Sabtu bisa bersepeda atau berenang, aerobik, zumba selama 30 menit dengan dua hari untuk jeda di Kamis dan Minggu. Hal ini sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menganjurkan para lansia melakukan aktivitas fisik untuk meningkatkan keseimbangan dan mencegah jatuh sebanyak 3 kali atau lebih per minggu.

WHO mengingatkan, bahkan sekedar beranjak dari duduk lalu bergerak 3-4 menit untuk berjalan atau peregangan bisa membantu otot dan meningkatkan sirkulasi darah. Aktivitas fisik yang teratur bermanfaat bagi tubuh dan pikiran yakni menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengatur berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, berbagai jenis kanker dan kondisi lain yang dapat meningkatkan kerentanan terhadap COVID-19.

Kegiatan ini juga penting untuk meningkatkan kekuatan tulang dan otot serta meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kebugaran. Pada orang berusia lebih tua, efeknya bisa meningkatkan keseimbangan yang mencegah jatuh atau cedera.

Baca juga:
Depresi dan Kecemasan Lebih Rentan Dialami oleh Mereka dengan Kondisi Kurang Bugar
Hindari Menggunakan Masker dalam Kondisi Basah ketika Sedang Berolahraga

Berita terkait: