8 Manfaat Padi bagi Kehidupan Manusia, Sumber Energi Hingga Atasi Masalah Kesehatan

Padi merupakan tanaman pangan penghasil beras yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Selain sebagai bahan pangan, ternyata padi juga memiliki manfaat lain yang jarang diketahui.

Tanaman padi menghasilkan beraneka ragam beras, seperti beras putih, beras hitam, beras merah hingga beras coklat. Aneka ragam beras tersebut memiliki manfaat bagi manusia.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat padi, telah merangkumnya dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 7 halaman

Sumber Energi Bagi Tubuh

ilustrasi nasi putih

Shutterstock/taa22

Manfaat padi bagi kehidupan manusia yang pertama yaitu sebagai sumber energi. Seperti yang diketahui, padi yang diolah menjadi nasi menjadi salah satu makanan yang dikonsumsi oleh banyak orang, termasuk orang Indonesia.

Padi memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Kandungan karbohidratnya bahkan mencapai 79 g dalam per gram beras. Oleh sebab itu, mengonsumsi makanan yang berasal dari padi sangat penting untuk memperoleh energi.

2 dari 7 halaman

Mengatasi Masalah Jerawat dan Bisul

ilustrasi jerawat

©Shutterstock

Manfaat padi bagi kehidupan manusia yang kedua yaitu dapat mengatasi masalah jerawat dan bisul. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda hanya perlu merebus padi yang sudah diambil berasnya lalu dikeringkan dan dibiarkan dingin.

Setelah itu, tumbuk dan oleskan pada bagian kulit yang terkena jerawat, bisul atau bengkak. Jika tak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat padi bagi kehidupan manusia yang ketiga yaitu mengatasi gangguan pencernaan. Padi yang telah diolah menjadi nasi sangat bermanfaat bagi seseorang yang sedang terkena sembelit, diare hingga radang usus.

3 dari 7 halaman

Untuk Obat dan Bahan Kosmetik

sehat

healthyohealthy.com

Manfaat padi bagi kehidupan manusia yang keempat yaitu untuk obat dan bahan kosmetik. Banyak wanita yang memanfaatkan campuran tepung beras dan madu untuk menjadikan kulit lebih cerah.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat mengambil beras lalu direbus, dikeringkan dan dibiarkan mendingin. Setelah itu, tumbuk sampai halus hingga dapat dioleskan ke kulit.

Selain bermanfaat untuk kulit wajah, padi juga diketahui dapat membantu menambah ketebalan rambut dan menghitamkan rambut secara alami. Coba lah untuk mengambil manfaat dari padi tersebut agar kulit wajah dan rambut tetap sehat.

4 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

sehat

©www.canadianliving.com

Manfaat padi bagi kehidupan manusia yang kelima yaitu menjaga kesehatan jantung. Beras hitam diketahui kaya akan antioksidan.

Beras hitam memiliki manfaat dapat mengurangi plak aterosklerosis yang berbahaya bagi arteri. Hal ini sangat penting untuk menjaga arteri dan mencegah serangan jantung dan stroke.

Selain itu, anthocyanin fitokimia dalam beras hitam juga dipercaya dapat menjaga kadar kolesterol, konsentrasi triasilgliserol dan mengurangi kolesterol jahat.

5 dari 7 halaman

Kaya Antioksidan

Terdapat beberapa jenis beras, salah satunya yaitu beras hitam. Beras hitam hitam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antosianin dalam beras hitam diketahui lebih tinggi daripada beras merah, beras coklat atau varietas gandung berwarna lainnya.

Antosianin dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular yang sangat berbahaya. Selain itu antosianin juga membantu meningkatkan fungsi otak, melindungi dari kanker hingga mengurangi peradangan.

Tak hanya itu, beras hitam juga mengandung vitamin E yang berguna dalam menjaga kesehatan kulit, mata dan imun tubuh.

6 dari 7 halaman

Untuk Mendetoksifikasi Tubuh

Manfaat padi bagi kehidupan manusia selanjutnya yaitu untuk mendetoksifikasi tubuh. Manfaat ini juga didapatkan apabila mengonsumsi beras jenis beras hitam.

Beras hitam diketahui dapat membantu mendetoksifikasi tubuh seperti membersihkan hati dari racun berbahaya. Hal ini karena beras hitam kaya akan antioksidan.

Fitonutrien dalam beras merah dapat membantu mengurangi peradangan serta membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

7 dari 7 halaman

Penguat Tulang dan Gigi

011 tantri setyorini

© SHUTTERSTOCK/SUBBOTINA ANNA

Terdapat beberapa jenis beras, salah satunya beras coklat. Kandungan mangan dan mineral yang tinggi dalam beras coklat dapat membantu mempertahankan struktur tulang dan gigi agar lebih kuat.

Kandungan magnesium dalam beras coklat juga memiliki peran penting dalam mineralisasi tulang guna melindunginya dari arthritis. Perlu diketahui, arthritis adalah peradangan yang terjadi di satu atau beberapa sendi. Kondisi ini menyebabkan sendi menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan.

[add]

Berita terkait: