Zinedine Zidane Raih Trofi Setiap 19 Laga

Zinedine Zidane meraih gelar La Liga keduanya sebagai pelatih Real Madrid, setelah menaklukkan Villarreal 2-1 di Stadion Alfredo Di Stefano, Jumat (17/7/2020) dini hari WIB. Gelar pertamanya diraih pada periode pertamanya di Santiago Bernabeu, sebelum mundur pada musim panas 2018.

Menurut Marca.com , gelar La Liga musim 2019-2020 ini adalah trofi ke-11 Zidane dalam dua periode kepemimpinannya di Santiago Bernabeu. Hebatnya lagi, ke-11 gelar itu diraih Zidane hanya dalam 209 pertandingan sebagai pelatih. Artinya, ia merebut satu trofi pada setiap 19 pertandingan.

Catatan ini membuatnya mendekati capaian pelatih terhebat sepanjang sejarah Madrid, Miguel Munoz. Pelatih ini mengoleksi 14 trofi dalam 605 pertandingan. Namun, Zidane diperkirakan bisa melewati catatan Munoz tersebut karena dia masih terikat kontrak dengan Madrid.

Dengan raihan itu pula, Zidane masuk dalam daftar lima pelatih paling sukses sepanjang sejarah Real Madrid. Ia berada di urutan kedua setelah Munoz, lalu diikuti Vicente del Bosque dan Luis Molowny. Keempatnya juga merasakan gelar juara La Liga baik sebagai pemain maupun pelatih Madrid. Hanya satu di antara kelima pelatih tersukses itu yang tidak meraih gelar La Liga sebagai pemain Madrid yaitu Leo Beenhakker.