YLKI Catat Gangguan Jaringan Internet Banyak Dikeluhkan Saat Pandemi

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, mengatakan penggunaan internet selama masa pandemi naik 5-10 persen. Peningkatan penggunaan internet ini juga diiringi dengan keluhan yang diadukan pelanggan.

Baik itu di kategori mobile broadband atau fixed broadband . Keluhan yang banyak diadukan terkait kendala stabilitas jaringan, diskoneksi dan jaringan yang belum merata.

“Pengaduan ke lembaga kami ini buat semua operator jaringan internet. Ada 32 persen ini yang mengeluhkan jaringan internet. Pengaduan diskoneksi, jaringan naik turun dan sebagainya,” kata Tulus pada Webinar Kompas 100 CEO FORUM, Digitization; Catching Up with The New Era of Consumer, Jakarta , Kamis (14/1).

Maka dari itu, dia meminta para operator penyedia layanan internet untuk memperhatikan berbagai pengaduan yang masuk ke YLKI. “Bagi operator ini mohon perlu diperhatikan,” kata dia mengakhiri.

YLKI: Telkomsel Terbanyak Diadukan di 2020

terbanyak diadukan di 2020

Kepala Bidang Pengaduan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Warsito Aji, menyebut pengaduan terkait permasalahan telekomunikasi di 2020 masih banyak ditemui. Di mana, Telkomsel memuncaki daftar operator yang paling banyak dikeluhkan oleh konsumen.

“Terkait pengaduan permasalahan telekomunikasi di tahun 2020 masih banyak. Untuk pengaduan terhadap operator itu tertinggi ialah Telkomsel sebesar 29,7 persen,” kata dia dalam acara Talkshow Interaktif Membedah Pengaduan Konsumen 2020, Jumat (8/1).

Kedua ialah Indosat dengan 25,5 persen pengaduan. Lalu, First Media dengan 12,7 persen pengaduan. Kemudian di peringkat keempat ada XL dengan 8,5 persen pengaduan. Diikuti 3 (Tri) dengan 4,2 persen pengaduan.

“Operator selanjutnya ialah Icon, MNC Play, My Republic, Oxygen Internet, PT Connets Plus, masing-masing sebesar 2,1 persen pengaduan,” imbuh dia.

Baca juga:
Sriwijaya Air SJ-182 Jatuh, Kemenhub Diminta Tingkatkan Pengawasan Maskapai Udara
YLKI Catat Indeks Keberdayaan Konsumen RI Masih dalam Tahap Mampu
Lion Air, Citilink dan Garuda Indonesia Paling Banyak Dikomplain di 2020
Aduan Produk Kesehatan Palsu Marak pada Awal Pandemi di 2020
YLKI: Telkomsel Terbanyak Diadukan di 2020
Daftar 7 Jenis Pengaduan Perbankan Sepanjang 2020, Terbanyak Masalah Restrukturisasi
YLKI Catat 3.692 Pengaduan Masyarakat di 2020, Terbanyak Soal Produk Jasa Keuangan

Berita terkait: