Wuhan Peringati Satu Tahun Pemulihan sejak Karantina Covid-19

Megapolitan Wuhan di Tiongkok pada Kamis (8/4/2021) memperingati tahun pertama sejak mengakhiri isolasi 76 hari dan bulan ke-10 tanpa melaporkan infeksi Covid-19 yang ditularkan secara lokal.

Seperti Xinhua , Penduduk Wuhan, Yuan Baohua, memiliki rasa tanggung jawab bersamanya saat menjalani inokulasi Covid-19, yang diyakini akan membantu meningkatkan kekebalan kolektif kota setahun setelah karantina wilayah Covid-19 dicabut.

“Meskipun saya sudah tua, saya dalam keadaan sehat, dan banyak teman saya telah mengambil vaksin,” kata Yuan saat mendapatkan yang pertama dari dua dosis setelah kota itu memperluas inokulasi Covid-19 untuk menyertakan penduduk lanjut usia pada akhir Maret.

Menemaninya di lokasi vaksinasi adalah menantu perempuannya Celia Esquivel Salguero, yang telah tinggal di Wuhan selama lebih dari 10 tahun.

“Saya memberi tahu orang tua saya di Guatemala tentang keputusan saya untuk menerima vaksin, dan mereka mendukung saya sepenuhnya,” katanya.

BACA JUGA

Gagal! Misi WHO Tak Temukan Asal Virus Corona di Tiongkok

Keluarga Yuan dengan setia berpartisipasi dalam mobilisasi massal Wuhan sebelumnya yang membantu kota mengatasi virus, dari karantina rumah selama berbulan-bulan hingga pengujian asam nukleat di seluruh kota.

“Sekarang vaksinasi akan menambah lebih banyak pertahanan, dan saya menantikan hari ketika kita tidak lagi takut dengan virus,” kata Yuan.

Pada Kamis (8/4/2021), kota besar di Provinsi Hubei, Tiongkok tengah menandai peringatan pertama sejak mengakhiri isolasi 76 hari dan bulan ke-10 tanpa melaporkan infeksi yang ditularkan secara lokal.

BACA JUGA

Ahli: Pasar Wuhan Mungkin Bukan Sumber Awal Covid-19

Karantina ketat selama penguncian, uji coba asam nukleat di seluruh kota yang menguji hampir 10 juta penduduk dan penegakan tindakan anti-virus rutin telah menjadikan Wuhan sebagai “kota keamanan” pasca-pandemi dan mencabut “penguncian psikologis”.

Blok perbelanjaan, jalan pejalan kaki, dan restoran di kota kembali ramai dikunjungi orang. Li Li mengantre selama hampir dua jam di Jalan Hanjie yang populer untuk mencicipi udang karang tahun ini.

Warga sekitar berusia 26 tahun itu merasa nyaman makan di luar di restoran yang dipadati orang. “Mengapa tidak? Saya pikir kita berada di salah satu kota teraman di dunia,” katanya.

Wuhan telah melaporkan tidak ada infeksi lokal baru sejak 18 Mei 2020. Hingga Selasa, menurut komisi kesehatan kota, hampir 3,7 juta dosis vaksin Covid-19 telah diberikan di Wuhan.

Berita terkait: