Warga DKI Diimbau Kembali ke Jakarta Sebelum 1 November

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, memprediksi puncak arus balik liburan panjang akan terjadi pada Minggu 1 November 2020. Syafrin pun mengimbau warga DKI yang memanfaatkan liburan di luar kota untuk kembali ke Jakarta sebelum tanggal 1 November.

“Diprediksi puncak arus balik tanggal 1 November, tetapi kami mengimbau kepada warga itu jangan balik seluruhnya tanggal 1 November tersebut, di hari Minggu. Lakukan perencanaan besok, hari Sabtu sudah ada yang balik,” ujar Syafrin saat dihubungi wartawan, Jumat (30/10/2020).

Imbauan tersebut, kata Syafrin, dalam rangka mencegah terjadinya kepadatan di rest area pada puncak arus balik, 1 November mendatang. Menurut dia, kepadatan bisa mengakibatkan interaksi antara warga menjadi tinggi sehingga potensi penularan Covid-19 juga tinggi.

BACA JUGA

Libur Panjang, Jasa Marga Catat 509.140 Kendaraan Tinggalkan Jakarta

“Kami khawatirkan terjadi kepadatan di rest area pada tanggal 1 November nanti. Itu tentu yang tidak kami harapkan interaksi di rest area menjadi tempat transfer virus corona antar pemudik arus balik,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Syafrin mengimbau warga DKI tidak perlu membawa sanak keluarga dari tempat asalnya pasca libur panjang. Pasalnya, kata dia, selain menyebabkan kepadatan di rest area juga mengakibatkan kepadatan di Jakarta.

“Saat ini Jakarta memang belum selesai dengan virus dan untuk itu kepada warga yang sudah mudik pada saat balik ke Jakarta, jangan dulu ajak keluarga bersama sama ke Jakarta karena tentu ini akan menimbulkan kepadatan juga selain di rest area tadi, juga di Jakarta yang sedang mengatasi wabah,” pungkas dia.

Berita terkait: