Wall Street Dibuka Positif Jelang Debat Capres AS

Bursa Amerika Serikat atau Wall Street dibuka menguat pada awal perdagangan hari ini, Kamis (22/10/2020) di tengah-tengah sentimen laporan keuangan, stimulus fiskal, dan Debat Capres AS.

Dow Jones Industrial Average naik 0,15%, S&P 500 naik 0,2%, dan Nasdaq naik 0,37%.

Saham Tesla naik 5 persen di praperdagangan setelah mengumumkan laporan keuangan terbarunya. Tesla melaporkan laba per saham triwulan III 2020 sebesar 76 sen, di atas estimasi Refinitiv sebesar 57 sen per saham, sementara pendapatan sebesar US$ 8,77 miliar, di atas perkiraan Refinitiv sebesar US$ 8,36 miliar. Laba bersih sebesar US$ 331 juta, di bawah perkiraan Refinitiv sebesar US$ 394 juta.

BACA JUGA

Bursa Eropa Melemah, Pasar Masih Tunggu Stimulus AS

Saham Coca-Cola naik 2 persen setelah perusahaan mengumumkan laporan keuangan triwulan II yang lebih baik dari perkiraan. CSX, Dow Inc, dan AT&T juga naik berkat laporan keuangan yang menggembirakan.

Pembahasan stimulus fiskal AS masih menjadi perhatian investor. Pasar berharap kesepakatan stimulus bisa dicapai sebelum Pemilu AS 3 November nanti. Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin dijadwalkan kembali berunding hari ini. Wakil kepala staf Pelosi, Drew Hammill mengatakan Demokrat dan Pemerintah AS terus menjembatani perbedaan atas prioritas kesehatan, tetapi masih banyak yang perlu dilakukan untuk menjamin sekolah-sekolah aman dari Covid-19.

Pasar sempat tertekan kabar bahwa Iran berusaha mencampuri Pemilihan Presiden AS dan Rusia telah mendapatkan data pemilih AS. Direktur Badan Intelijen Nasional bahwa agen-agen Iran mengirimkan email untuk mengintimidasi pemilih, menimbulkan keresahan, dan mencemarkan citra Presiden Donald Trump.

Debat final calon Presiden Amerika Serikat (AS) akan digelar Kamis (22/10/2020) di Universitas Belmont di Nashville, Tennessee, selama 1,5 jam mulai pukul 21.00 waktu Timur AS atau Jumat (23/10/2020) pukul 08.00 WIB. Debat akan dipandu oleh koresponden Gedung Putih stasiun televisi NBC News , Kristen Welker, yang juga salah satu pembawa acara Weekend Today.

Debat final ini seharusnya menjadi debat ketiga presiden antara kandidat Demokrat, Joe Biden, dan kandidat Republik, Donald Trump. Tapi Komisi Debat Presiden telah membatalkan debat kedua presiden yang seharusnya digelar 15 Oktober karena Trump menolak perdebatan secara virtual setelah presiden AS itu terinfeksi Covid-19.

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan angka pengangguran baru ada di angka 787.000 untuk pekan yang berakhir 17 Oktober, lebih rendah dari survei ekonom Dow Jones yang memprediksi angka 875.000 orang.

Berita terkait: