Wakil Ketua DPRD Dorong Museum di Kota Tua Punya Ruang Rapat

– Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik mendorong agar setiap museum-museum yang berada di kawasan Kota Tua memiliki ruang rapat atau meeting room . Menurut Taufik, konsep ini harus masuk dalam proyek revitalisasi museum di Kota Kota sehingga mempunyai nilai lebih, termasuk nilai ekonomi.

“Bagaimana kita mengoptimalkan peran museum, kenapa museum nggak dijadikan sarana meeting room ? Siapa saja boleh menggunakan sehingga ada value lebih,” ujar Taufik usai Gowes Sehat di Kawasan Ancol, Jakarta, Minggu (19/7/2020).

Dengan konsep ini, kata Taufik, rapat yang dilakukan perusahaan, perkantoran atau lembaga tertentu, tidak melulu dilakukan di hotel-hotel seperti di kawasan Thamrin, Sudirman atau kawasan lain di Jakarta.

Rapat tersebut, menurut dia, bisa dilakukan di museum di Kota Tua dan setelah rapat atau di sela-sela rapat, pesertanya bisa menikmati suasana dan benda-benda bersejarah yang berada di museum.

“Kita anjurkan perusahaan supaya (misalnya), meeting -nya di salah satu museum di Kota Tua yang ada meeting room -nya. Kan lumayan, ada ongkos meeting -nya dan ada edukasi di situ. Selesai meeting dia lihat, apa-apa yang ada di museum itu. Kan beda suasananya dan museum-museumnya jadi terawat dengan baik,” terang dia.

Taufik mengakui bahwa selama ini, museum-museum di Kota Tua kurang diperhatikan dan dioptimalkan fungsinya. Menurut Taufik, hal ini menjadi tanggung jawab Dinas Kebudayaan dan dinas terkait lain di Pemprov DKI untuk mengoptimalkan peran dan fungsi dari museum-museum di Jakarta umumnya dan museum di Kota Tua khususnya.

“Setiap museum ada meeting room . Cuma itu kan tidak pernah diumumkan ke publik, tidak pernah diekspos. Kalau di- campaign ke publik, kantor Thamrin, Sudirman ini kan banyak. Untuk dapat suasana berbeda, Anda sebaiknya meeting dalam rangka ini, rangka itu di museum A, B, C, atau D. Museum ini kapasitas sekian,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Taufik juga akan proaktif mengajak para anggota DPRD DKI dari semua fraksi untuk berpikir bersama mengoptimalkan fungsi museum di Kota Tua. Salah satunya, kata Taufik, pihaknya akan mengajak para anggota DPRD DKI untuk sepeda bersama mengunjungi museum-museum di Kota Tua pada Minggu, 26 Juli 2020 mendatang.

“Kenapa ke Kota Tua? Kita sudah pelajari, museum itu value -nya kurang, sudah bertahun-tahun mau revitalisasi, sudah-lah kita nggak ngomong revitalisasi, tetap revolusi Kota Tua. Kita ajak yang lain-lain (anggota DPRD), ayo kita ngomongi Kota Tua, kita lihatin,” pungkas Taufik.

Berita terkait: