Wagub Minta Pengembangan Kawasan Terpadu Cakung Barat Dipercepat

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria , mengharapkan pengembangan kawasan terpadu Cakung Barat seluas sembilan hektare (ha) segera dirampungkan.

Pengembangan kawasan Cakung Barat Terpadu merupakan salah satu alternatif strategi untuk mendorong arah pengembangan kota ke arah Timur Jakarta. Kawasan ini, berada pada pemukiman padat di Kelurahan Cakung Barat dengan peruntukan makro yang secara umum adalah zona industri.

” Kawasan terpadu di wilayah Cakung Barat yang sudah masuk dalam RPJMD yang disusun oleh Pak Gubernur. Wilayah ini juga sudah menjadi kawasan strategis daerah 2021 yang telah disusun oleh Pemkot Jakarta Timur. Mudah-mudahan kita akan melaksanakan apa yang sudah diperintahkan Pak Gubernur untuk dipercepat,” ujar Riza Patria , saat meninjau lokasi pembangunan kawasan Cakung Barat Terpadu, Sabtu (18/7/2020).

Riza Patria mengatakan, pengembangan kawasan ini dilakukan dengan konsep utama ketersediaan aksesibilitas yang optimal dan pola ruang mixed use . Kawasan terpadu ini, rencananya dilengkapi pula dengan berbagai elemen kegiatan, seperti pembangunan rumah sakit tipe B, kantor kelurahan, rusunawa, puskesmas, dan taman.

“Nantinya, di kawasan ini akan ada program jalan alternatif untuk mengurangi masalah kemacetan di wilayah Cakung,” tandasnya.

Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI juga akan menata daerah tersebut agar lebih rapihn bersih, hijau dan tertib. Sejumlah fasilitas publik akan dibangun termasuk rumah susun sewa (Rusunawa).

“Kita juga akan bangun rusunawa supaya masyarakat akan pindah ke tempat yang lebih bersih dan lebih baik. Kemudian, juga ada rumah sakit, rumah ibadah, IPAL, TPST, GOR, dan fasilitas publik lainnya,” tegasnya.

Di sisi lain, kata Riza Patria, pihaknya memahami terdapat keterbatasan anggaran pembangunan yang merupakan dampak dari adanya pandemi virus corona (Covid-19) di Jakarta.

“Tapi, kita akan mencari solusi optimalisasi APBD, termasuk dari keterlibatan swasta dan pihak dunia usaha lain untuk terlibat. Itu untuk memastikan program pembangunan Kawasan Terpadu di Cakung Barat bisa segera terlaksana,” pungkasnya.

Berita terkait: