Wagub DKI Dukung Revitalisasi Kota Tua Menuju Pariwisata Kelas Dunia

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mendukung adanya percepatan revitalisasi kawasan wisata Kota Tua, di Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Pinangsia, Jakarta Barat. Revitalisasi Kota Tua ini, kata Ariza dilakukan melalui sinergi antara Pemprov DKI Jakarta dengan Yayasan Mitra Museum Jakarta.

“Kami hari ini bersama dengan Mitra Museum Jakarta bersama dengan Dinas Kebudayaan bersama BUMD Jaktour sedang meninjau, mengecek ada program untuk melakukan revitalisasi Museum Seni Rupa, Museum Keramik, Museum Bahari, Museum Wayang dan ini akan jadi rancang bangun dari Kota Tua,” ujar Ariza usai meninjau Kota Tua, Sabtu (18/7/2020).

Menurut Ariza, dengan adanya revitalisasi museum di Kota Tua tersebut, Jakarta akan siap untuk menjadi kota pariwisata kelas dunia, yang ditopang dengan kekuatan bisnis, riset, pendidikan, dan seni-budaya yang memadai hasil tangan anak negeri.

“Saya kira, kita butuh kerja sama semua pihak terutama masyarakat dan dunia usaha. Terutama kepada Yayasan Mitra Museum Jakarta, mudah-mudahan kerja sama ini menjadi sinergi yang baik,” tutur dia.

Ariza menilai revitalisasi Kota Tua merupakan salah satu upaya melestarikan dan mempromosikan ke dunia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa berbudaya.

“Kita ingin memastikan bahwa kita memiliki sejarah peradaban yang baik yang harus kita jaga, kita lestarikan, kita publikasikan ke dunia bahwa kita bangsa yang berbudaya dan sehingga nanti ke depan tidak hanya kita tularkan ke anak-anak kita tentang sejarah kita, tapi juga kepada dunia,” pungkas Ariza.

Perlu diketahui, Kawasan Wisata Kota Tua mengalami revitalisasi terakhir pada Tahun 2018. Pada Revitalisasi Kota Tua tersebut dilangsungkan di Koridor Kali Besar Tahap I yang dilakukan dalam rangka menyambut Asian Games 2018. Revitalisasi tersebut memiliki skema Public Private Partnership (PPP) atau kemitraan antara pemerintah dan dunia usaha serta melibatkan komunitas.

Yayasan Mitra Museum Jakarta (YMMJ) bertujuan untuk memperbaiki pengelolaan museum-museum di Indonesia. YMMJ memiliki harapan bahwa museum-museum di Indonesia dapat menjadi sarana edukatif dan tempat rekreasi yang memberikan pengalaman positif bagi para pengunjungnya kelak. 

Berita terkait: