Volume Warga Berolahraga di Jalan Sudirman-Thamrin Berkurang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan volume warga yang melalukan aktivitas olahraga di Jalan Sudirman-Thamrin pada Minggu, 26 Juli 2020 sudah berkurang. Pasalnya, aktivitas olahraga pada Car Free Day (CFD) sudah disebar ke 30 titik di 5 kota administrasi Jakarta.

“CFD tetap diselenggarakan di Jakarta, ada 30 lokasi disebar, tidak hanya di jalan Sudirman dan Thamrin. Lalu kita menyaksikan bahwa volume jumlah masyarakat di jalan Sudirman-Thamrin menjadi kecil. Meskipun tetap banyak orang tapi jauh lebih sedikit dibandingkan sebelumnya,” ujar Anies di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (26/7/2020).

Pemprov DKI Jakarta, kata Anies, pada prinsipnya tidak melarang warga melakukan olahraga. Yang terpenting, tutur dia wajib menerapkan protokol kesehatan dan berolahraga di ruang terbuka.

“Berolahraga itu baik-baik saja apalagi di udara terbuka. Tapi yang penting protokol kesehatan terutama masker diikuti,” tandas dia.

Berdasarkan pengamatan Anies, warga yang melakukan aktivitas olahraga di Bundaran HI, secara umum menggunakan masker. Menurut Anies, olahraga akan aman jika menerapkan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, Anies meminta agar warga yang berisiko, tidak perlu melakukan olahraga di tempat umum yang jauh dari rumah. Dia mencontohkan anak-anak dan balita yang perlu dijaga oleh orang tua agar tidak mudah tertular.

“Jadilah orang tua yang bertanggung jawab, yang sadar bahwa anak-anak punya risiko. Karena itu kalau bawa anak-anak di lingkungan sekitar rumah saja, yang dekat dari rumah, di kampungnya, di kompleknya sehingga jauh lebih aman daripada dibawa keluar,” pungkas Anies. 

Berita terkait: