Viral Calon Suami Ideal Bergaji Rp 250 Juta, ini Pandangan Perencana Keuangan

Warganet dihebohkan dengan unggahan selebtwit Jenny Jusuf yang menanyakan tentang gaji ideal seorang calon suami. Survei tersebut menjadi perhatian banyak warganet, salah satunya dari influencer Andrea Gunawan yang mengomentari pertanyaan tersebut.

Andrea mengatakan hanya akan menikahi seorang suami jika penghasilannya dalam sebulan minimal Rp250 juta. “Rp 250 juta per bulan minimal dan sudah siapin dana pensiun juga, kalau tidak, jomplang. Nanti Woman Cartwheeling ,” tulisnya.

Cuitan tersebut segera menjadi trending topic di Twitter sejak akhir pekan lalu dan menuai beragam reaksi dari warganet.

Tentunya setiap orang memiliki kriteria pasangan ideal yang berbeda-beda. Tidak ada salahnya jika pendapatan atau gaji menjadi salah satu poin mencari pasangan.

Tetapi, apakah patokan gaji dapat menjamin kebahagiaan sepasang kekasih? Perencana Keuangan Finansialku , Widya Yuliarti mengatakan, bahwa menentukan kriteria pasangan adalah hal wajar dan harus kamu lakukan untuk mengetahui betapa berharganya dirimu.

Jangan sampai karena takut disebut ‘jual mahal’ kamu malah menurunkan standar dan mengorbankan kebahagiaan kamu. Namun, yang perlu kamu ingat, selain gaji pasangan ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pasangan.

Menurut Widya Yuliarti, ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu pertimbangkan dalam pencarian pasangan sejatimu seperti di bawah ini.

1. Besar Pendapatan Sebanding dengan Pengorbanan

pendapatan sebanding dengan pengorbanan

Kebutuhan setiap orang pasti berbeda, begitu pun dengan besarnya pendapatan. Ada yang dengan gaji UMR merasa cukup, tetapi tak jarang juga orang yang membutuhkan pendapatan yang lebih besar untuk menghidupi dirinya.

Untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar pasti ada hal yang perlu dikorbankan, terutama waktu. Beberapa orang merasa waktu bersama keluarga terkasih lebih berharga dibandingkan uang.

Di sisi lain, ada pasangan yang kaya raya, namun rela berjauhan karena tuntutan pekerjaan. Pilihan ini dikembalikan lagi ke kamu, mana yang paling kamu butuhkan.

2. Menjadi Support System

Seperti yang diketahui bahwa manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Begitu pula dalam kehidupan romantis.

Alangkah baiknya jika kamu memiliki pasangan yang dapat mendukung keputusan kamu. Carilah pasangan yang dapat menemani kamu ketika kamu jatuh dan membantu kembali bangkit.

Dengan memiliki pasangan yang suportif akan membuat kamu lebih menyanyangi diri sendiri serta mempunyai ruang untuk terus bergerak dan berkembang.

3. Mau Bertumbuh Bersama

bertumbuh bersama

Kriteria yang ketiga adalah kamu juga harus bisa mencari pasangan yang mau bertumbuh bersama. Maksudnya seperti apa?

Maksudnya, kamu dan pasangan kamu memiliki satu tujuan yang sama. Sebagai sepasang kekasih, kamu bertindak sebagai satu tim yang kompak dengan visi misi yang sama guna mencapai tujuan kalian.

“Kalian adalah satu tim yang saling melengkapi dan saling mendukung. Jadi, kamu tidak akan merasa kok hanya saya yang berjuang atau hanya dia yang berjuang. Tetapi, kamu dan pasangan sama-sama berjuang dan mau bertumbuh bersama,” ujar Widya.

4. Tahu Kapan Harus Mendengarkan dan Bersuara

Satu lagi kriteria yang unik, kamu juga harus bisa mencari pasangan yang tahu kapan harus mendengarkan dan tahu kapan dia harus bersuara. Terkadang, ketika kita bercerita, kita hanya membutuhkan orang untuk mendengarkan. Tetapi, di lain waktu kita juga ingin mengetahui sudut pandang orang lain supaya kita tidak hanya menilai dari satu sisi saja.

Jadi demikian faktor-faktor yang dapat kamu pertimbangkan ketika memilih pasangan hidup. Memang benar jika uang bukanlah segalanya, tapi segalanya butuh uang.

Mau kriteria kamu bergaji puluhan atau ratusan juta, kalau dia tidak bisa merencanakan keuangan, tentu akan selalu merasa kurang.

“Mencari pasangan ini susah-susah gampang ya, tidak ada yang tahu standar yang pastinya seperti apa. Hanya kita yang dapat mengukur standar kita sendiri dan juga mengukur kadar kita sayang dengan diri sendiri,” tuntas Widya.

 

Baca juga:
Ini Alasan Pentingnya Memiliki Investasi
Strategi Atur Uang Saat Dapat Rezeki Nomplok Seperti Warga Kampung Tuban yang Viral
Tips Atur Keuangan Bagi Anda yang Baru Lulus SMA
Deretan Keterampilan yang Harus Dikuasai agar Lolos Seleksi Kerja
Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Keuangan Masa Depan Terjamin

Berita terkait: